Berita

    Bisa Jadi Ancaman Berbahaya, Ini Dia Penjelasan Blind Spot dan Cara Meminimalisirnya

    Blind spot alias titik buta adalah salah satu hal yang cukup menakutkan bagi para pengendara, khususnya mobil. Apalagi, mobil biasanya memiliki bagian yang luas dan kita tidak bisa mengamati secara keseluruhan. Sebenarnya apa itu blind spot dan bagaimana cara untuk mengatasi hal tersebut?

    Blind spot sendiri adalah titik buta yang biasanya para pengendara tidak bisa melihat area dengan baik. Beragam kejadian bisa terjadi ketika pengemudi tidak memperhatikan blind spot. Faktor ini mengancam keselamatan pengemudi dan pengguna jalan lainnya.

    Namun tenang saja, saat ini sudah banyak fitur yang bisa meminimalisir blind spot itu sendiri. Mulai dari fitur kamera belakang, hingga sensor yang dapat mendeteksi jika ada sesuatu di area blind spot pengemudi.

    Meski begitu, kita juga harus meminimalisir kecelakaan akibat blind spot. Apa yang bisa kita lakukan untuk meminimalisir hal tersebut?

    1. Tambahkan aksesori seperti kaca tambahan untuk meminimalisir blind spot.
    2. Berikan tanda ke pengemudi lain ketika hendak berpindah jalur. Lampu sein dan klakson adalah salah satu fitur bawaan yang bisa menghindari kecelakaan akibat blind spot.
    3. Atur kaca spion agar sejajar dengan body kendaraan.
    4. Tetap berkendara di zona yang tidak terlalu sempit dan memperhatikan kendaraan sekitar.
    5. Biasakan menyalip di jalur yang sudah disediakan.

    Untuk kondisi jalan yang memang tidak dapat terprediksi, setidaknya ada satu titik blind spot yang kita ketahui. Hal tersebut adalah sisi kiri kendaraan. Karena, mobil di Indonesia sendiri memiliki posisi setir di sebelah kanan.

    Selain itu, kita harus rajin memberikan tanda entah itu berupa klakson atau lampu jauh ketika hendak menyalip kendaraan besar seperti truk. Blind spot dari kendaraan besar tentunya lebih sulit diketahui oleh sang pengemudi. Apalagi jika berada di jalan yang cukup sempit.

    Tentunya banyak hal yang bisa menghindari kecelakaan akibat blind spot. Kita juga harus berhati-hati dalam berkendara. Tercatat berdasarkan data Biro Pusat Statistik, kasus kecelakaan lalu lintas di tahun 2020 mencapai angka 100.028 kasus.

    Kepadatan lalu lintas dan kelalaian pengemudi yang mendominasi kecelakaan lalu lintas tersebut. Bukan tidak mungkin, blind spot menjadi salah satu faktor kecelakaan lalu lintas. Maka dari itu, kita harus menghindari hal-hal seperti ini.

    Lalu bagaimana penanggulangannya sebelum dan sesudah kejadian kecelakaan akibat blind spot? Ada beberapa hal mudah yang bisa kita lakukan.