Berita

    Bukan Cuma Aksesoris, Ini Fungsi Talang Air Mobil Sebenarnya

    Talang air merupakan salah satu bagian penting pada mobil untuk menghalau air, sekaligus pelindung panel saat hujan. Jika dilihat sepintas talang air atau door visor, memang seperti aksesoris biasa. Tapi pelindung agar air tidak merembes ke dalam kabin lewat jendela. Sebelum mobil-mobil menggunakan Air Conditioning (AC), biasanya pengguna mobil, sedikit membuka jendela untuk mendapat asupan udara segar dari luar. Namun saat hujan, mobil kemasukan air sehingga talang air dibuat.

    Fungsi Talang Air Pada Mobil

    1. Melindungi Kabin dari Hujan

    Penggunaan AC, memang membuat talang air tidak relevan lagi. Namun pada kenyataannya ia masih memiliki fungsi yang sama sebagai penghalau air hujan dan masih sering digunakan pada mobil. Sistem kerjanya sederhana. Saat hujan mengguyur bagian atap mobil, air tak serta merta mengalir ke depan atau jatuh ke belakang mobil, tetapi jatuh ke area pintu samping yang bisa saja merembes ke kabin. Apalagi jika Anda membuka sedikit jendela untuk membayar parkir atau mengambil karcis, praktis air akan masuk ke kabin.

    Dengan adanya piranti ini, air akan dialirkan ke depan melalui lubang yang dimilikinya. Bentuk melengkung pada talang air, dibuat dengan tujuan itu, sehingga air tidak akan langsung jatuh ke pintu samping.

     2. Membantu Buang Asap Rokok

    Alasan lain dari penggunaan talang air, khususnya bagi mereka yang sering merokok dalam mobil adalah kepulan asap rokok lebih cepat keluar dari talang air sehingga ruang kabin tidak menampung asap saat dihembuskan.

     3. Membuang Udara Panas

    Fungsi lain dari talang air adalah membuang sebagian udara panas di dalam kabin lewat sirkuitnya. Apalagi jika mobil diparkir di bawah terik matahari. Udara panas dalam kabin bisa dibuang hanya dekat membuka sedikit jendela mobil.

    4. Minimalisir Embun pada Kaca

    Talang air tak hanya menjadi penahan air hujan. Ia juga bisa mengurangi pengembunan pada kaca samping mobil. Hal ini cukup baik, karena pengembunan pada kaca depan akan sangat mengganggu jarak pandang pengemudi. Hal yang sama juga akan terjadi bila kaca samping terpapar embun.

    5. Melindungi Komponen dalam Kabin

    Seperti diungkap bahwa talang air menjadi pelindung kabin dari guyuran air hujan. Praktis ia menjadi pelindung komponen-komponen dalam kabin mobil. Dalam dashboard ada berbagai macam tombol elektrik yang sangat sensitif dengan air atau rentan terhadap air. Bila terpapar air pasti, komponen-komponen itu akan bermasalah bahkan rusak. Karena itu, dengan adanya talang air Anda tidak perlu khawatir air akan masuk ke dalam kabin, sehingga tidak sampai mengenai komponen elektrik di dalam mobil.