Berita

    Engine Mounting : Fungsi & Tanda Kerusakannya

    Ada banyak komponen penting pada mobil yang harus dikenali. Engine mounting adalah salah satunya. Komponen ini bertugas untuk menahan getaran mobil sehingga getarannya bisa diredam dan tidak mengenai kabin mobil.

    Untuk lebih jelasnya kami akan coba menjelaskan terkait komponen tersebut secara detail di artikel ini. Di akhir kami juga akan menjelaskan penyebab komponen tersebut mengalami kerusakan. Silahkan simak penjelasannya hingga selesai.

    Mengenal Fungsi Engine Mounting Lebih Jauh

    Dengan adanya komponen untuk menahan getaran mesin, mobil akan semakin nyaman saat digunakan. Fungsi dari komponen ini juga tidak hanya untuk menahan getaran saja, selain itu juga berfungsi menjaga komponen mesin lain agar tetap menempel pada sasis.

    Komponen yang juga dijaga oleh engine mounting agar tetap menempel tersebut di antaranya seperti girboks, piston dan kopel. Ketika komponen tersebut tetap menempel di sasis, maka akan terhindar dari kerusakan.

    3 Tanda Komponen Ini Rusak

    Komponen peredam getaran mesin ini juga kerap mengalami kerusakan. Tanda engine mounting rusak ini cukup mudah dikenali. Berikut sudah kami rangkum tandanya di bawah ini.

            1. Posisi Mesin Turun atau Miring

    Tanda yang pertama ini sangat mudah sekali dikenali. Anda bisa mengecek pada bagian mesin jika posisinya berubah, maka bisa saja komponen peredam getaran tersebut bermasalah atau mengalami kerusakan.

    Akan tetapi, tanda ini hanya akan muncul jika mesin mobil berada di bagian atas. Ketika mengeceknya, posisinya akan miring atau turun.

            2. Mobil Mengalami Getaran yang Tidak Biasa

    Komponen tidak lagi berfungsi secara optimal. Alhasil mobil pun akan mengalami getaran yang tidak biasa dan juga mulai menghentak. Dua tanda ini juga bisa dijadikan patokan komponen ini sedang bermasalah atau rusak.

    Getaran tersebut terjadi pada saat posisi stasioner. Anda bisa mengenali getarannya dengan mudah karena lebih keras dibandingkan biasanya.

            3. Muncul Bunyi Aneh

    Kemunculan bunyi yang aneh bisa menjadi salah satu pertanda bahwa mesin mobil sedang mengalami masalah dan bisa jadi tanda engine mounting rusak. Salah satunya seperti keluar bunyi ‘klotok-klotok’ di bagian mesin. Bunyi tersebut bisa semakin keras ketika sedang melakukan akselerasi maupun deselerasi.

    Penyebab Kerusakan