Berita

    Fakta Atau Mitos? Ini Dia Penjelasan Lengkap Tentang Mencuci Mobil di Siang Hari

    Salah satu perawatan rutin yang wajib dilakukan pemilik mobil adalah mencuci kendaraannya. Perawatan ini harus dilakukan di waktu yang tepat. Hindari mencuci mobil di siang hari.

    Waduh! Kenapa ya? 

    Mencuci mobil sebaiknya dilakukan pada pagi atau malam hari. Sebab saat itu, cahaya matahari tidak terik. Sehingga kendaraan Anda tidak terkena sinar matahari secara langsung.

    Dampak Mencuci Mobil di Siang Hari

    Ada beberapa efek yang bisa Anda dapatkan apabila memandikan mobil di hari yang panas. Yakni:

    1. Sabun atau Shampo pada Mobil Mudah Mengering

    Penggunaan shampo saat mencuci mobil jelas diperlukan. Nah, jika anda mencuci saat cuaca sedang terik, maka sisa shampo ini akan cepat kering. Kemudian melekatlah butiran shampo dan air pada body mobil.

    Akibatnya, bercak noda ini bakal merusak lapisan warna pada mobil. Bukannya terlihat kinclong, mobil malah kusam.

    Muncul Kerak

    Bercak-bercak air dan shampo pasca mencuci mobil di hari yang terik, biasanya dibiarkan. Sebab bercak ini dianggap bisa hilang sendiri. 

    Padahal sisa shampo malah memunculkan kerak jamur lho. Nah, kerak jamur yang mengendap ini juga bisa merusak lapisan cat mobil. 

    Risiko Celaka

    Dampak terakhir ini bisa muncul kalau Anda membiarkan kerak melekat di bagian kaca mobil. Apalagi kalau berkendara saat malam hari. 

    Kerak mobil ini bisa mengurangi pandangan Anda saat menyetir. Wiper mobil tidak akan banyak membantu.

    Panduan Mencuci Mobil yang Benar

    Untuk menghindari hal yang tak diinginkan, Anda sebaiknya memperhatikan hal-hal ini saat akan mencuci mobil. Simak ya!  

    1. Pilih Waktu Terbaik untuk Cuci Mobil

    Seperti yang disampaikan tadi, sebaiknya cuci mobil saat pagi atau malam hari untuk menghindari panasnya matahari. Jam yang disarankan yakni sebelum pukul 08.00 pagi, atau setelah pukul 17.00 petang.

    Nah, kalau Anda terpaksa harus mencuci mobil di siang hari, maka usahakan cari tempat yang teduh. Tempat teduh ini supaya sinar matahari tak langsung menyinari kendaraan. Sehingga shampo atau air tak melekat di mobil.

            2. Gunakan Shampo Khusus Mobil

    Anda harus menggunakan shampo khusus mobil untuk memberikan proteksi lebih terhadap kendaraan. Di antaranya menjaga agar cat mobil tidak mudah mengelupas dan rusak.