Berita

    Ini Dia 5 Penyebab Aki Mobil Soak & Cara Mengatasinya

    Aki merupakan satu-satunya pusat kelistrikan pada mobil. Sebagai sumber listrik, aki menjadi komponen penting untuk menghidupkan berbagai piranti yang berhubungan dengan mulai dari starter, lampu dan AC dan komponen lainnya.

    Secara sederhana arus listrik aki didapatkan dari alternator sebagai pembangkit daya listrik, yang kemudian diatur dan distabilkan oleh regulator untuk kemudian disimpan dalam aki, sebagai sumber listrik untuk keperluan mobil.

    Sebagai komponen vital, aki perlu mendapatkan perhatian yang lebih agar menghindari kemacetan pada mobil saat digunakan. Masalah pada aki akan sangat mengganggu pengguna mobil. Hal terburuk pada masalah aki adalah aki mengalami soak. Jika terjadi, praktis membuat mesin mati di jalan.

    Hal ini tentu membuat repot pengendara dan penumpang, karena harus melakukan pengecasan ulang agar mendapatkan asupan arus yang cukup untuk bisa berfungsi normal kembali. Lalu apa saja yang menyebabkan aki soak?

    1. Mobil Jarang Dipakai

    Mobil yang jarang dipakai tak berarti membuat komponennya baik-baik saja atau ada dalam kondisi prima. Anggapan ini sebenarnya tidak benar, karena mobil yang jarang digunakan tanpa dipanaskan dalam waktu tertentu kehilangan suplai listrik sehingga bisa macet pada saat akan digunakan.

    Komponen yang paling rentan mengalami gangguan, jika mobil hanya terparkir di garasi tanpa dipanaskan adalah trouble pada aki. Kapasitas listrik pada aki secara praktis tidak lagi optimal, jika mobil jarang digunakan. Hal yang perlu diingat adalah aki mobil bisa soak bahkan rusak jika tidak mobil hanya terparkir dalam hitungan bulan.

    2. Tingginya Intensitas Penggunaan Mobil

    Mobil yang digunakan dengan intensitas yang tinggi juga dapat menyebabkan aki soak. Hal ini disebabkan karena air aki yang terus menguap, sehingga cepat habis. Masalah ini kerap terjadi pada jenis aki basah.

    Itu sebabnya pengguna mobil disarankan untuk memeriksa kondisi air aki, ketika hendak bepergian dengan mobil. Pemeriksaan air aki sangat penting karena jika mengalami penurunan signifikan mobil bisa macet seketika.

    3. Kapasitas Aki Mobil yang Kecil

    Aki mobil biasanya menggunakan satuan ampere, yang menunjukan kapasitasnya. Ampere aki mobil yang terlalu kecil rentan mengalami soak bahkan rusak sebelum waktunya, jika terus digunakan dengan perilaku boros dari pengguna, seperti menyalakan semua komponen kelistrikan saat mobil dioperasikan.

    Untuk itu, jika kebutuhan listrik pada mobil besar, perlu dipertimbangkan untuk menggunakan aki dengan ampere yang lebih besar agar tidak cepat soak dan menimbulkan masalah. Jika penggunaan listrik tidak seimbang dan terus dipaksakan, maka aki mobil bisa mengalami over supply, yang menyebabkan aki cepat rusak.