Berita

    Jangan Sembarangan Putar Balik Mobil, Gunakan Teknik Ini Agar Aman.

    Ketika sedang mengendarai kendaraan, terkadang putar balik mobil terlihat begitu mudah. Padahal, bila tidak terbiasa melakukannya, seperti pengemudi pemula, tentu saja hal ini begitu sulit, bahkan terkesan menegangkan. 

    Meskipun sulit, jangan sampai Anda langsung panik saat harus melakukan putar balik. Anda harus tetap tenang sembari melakukan teknik yang tepat sehingga proses putar balik akan berjalan dengan lancar. Lantas, bagaimana teknik putar balik mobil yang tepat? 

    Teknik Aman Putar Balik Mobil 

    Berikut langkah untuk melakukan putar balik, antara lain:

            1. Teknik Three Point Turn

    Sesuai nama yang dimilikinya, teknik ini adalah cara putar balik dengan tiga menggunakan tiga titik penghentian. Biasanya, teknik ini dilakukan ketika tidak terdapat ruang yang cukup untuk memutar balik dalam sekali jalan. 

    Langkah putar balik dengan menggunakan teknik ini dilakukan di gigi satu, kemudian putar kemudi terbalik dengan posisi mobil. Contohnya, bila mobil berada di sebelah kiri, putar kemudi ke kanan sembari menginjak pedal. 

    Kemudian, berhenti ketika jarak di bagian depan sudah habis dan masukkan gigi mundur. Berikutnya, injak pedal gas sembari membelokkan kemudi ke arah kiri. Berhenti dan atur transmisi di gigi pertama. 

    Injak pedal gas, lanjutkan dengan membelokkan kemudi ke arah kanan. Sembari menggunakan teknik putar balik, pengemudi harus memperhatikan kondisi yang berada di sekitar dari kaca spion dan sensor parkir. 

            2. U Turn

    Teknik putar balik mobil yang lainnya adalah U Turn. Sebenarnya, teknik ini jauh lebih mudah dilakukan jika dibandingkan dengan teknik sebelumnya. Hal ini disebabkan karena teknik ini dilakukan secara langsung. 

    Teknik U Turn adalah teknik putar balik yang tepat bila ingin berada di jalur yang berlawanan arah. Agar bisa mulus melakukan teknik ini, pengemudi diharuskan memposisikan mobil di pembatas jalan dan mengatur transmisi di gigi pertama.

    Saat ingin putar balik, hindari terburu-buru menginjak pedal gas. Hentikan laju mobil dengan menggunakan rem. Kemudian, sembari melihat kondisi yang berada di sekitar, injak pedal gas, sehingga laju jalan benar-benar sudah aman untuk dilintasi. Ketika melakukan proses ini, pengemudi harus melihat kendaraan kecil seperti sepeda motor.

    Hal yang Harus Diperhatikan Saat Putar Balik 

    Selain memperhatikan sejumlah teknik di atas, Anda juga harus memperhatikan sekeliling, agar bisa tetap aman berkendara. Lebih-lebih jika melintasi jalanan yang ramai. Berikut sejumlah hal yang harus diperhatikan saat putar balik mobil, antara lain: