Berita

    Komponen Karburator pada Mobil dan Fungsinya

    Mobil memiliki berbagai komponen untuk menunjang performa mesin. Salah satu yang penting adalah komponen karburator. 

    Jika anda belum tahu, karburator adalah sebuah sistem bahan bakar yang ada pada kendaraan bermotor. Fungsinya yakni untuk suplai bahan bakar dengan takaran yang sesuai kebutuhan.

    Artikel ini akan membahas apa saja komponen dari karburator itu. Simak sampai tuntas artikel ini ya!

    Ada banyak komponen pada karburator mobil. Berikut rinciannya:

            1. Ruang Bakar (Float Chamber)

    Komponen ini sangat penting pada mobil. Letaknya berada pada kepala silinder. Fungsinya sebagai tempat pembakaran di kepala silinder. 

    Di float chamber inilah, terjadi pembakaran bahan bakar, udara, dan percikan api dari busi. Nantinya pembakaran ini akan menjadi tenaga pada mobil.

            2. Pelampung atau Floater

    Floater memiliki ukuran kecil. Namun, fungsinya sangat penting. Yakni untuk menjaga stabilitas bahan bakar. 

    Nah, saat bahan bakar masuk pelampung akan siaga. Kemudian bakal menutup saluran apabila sudah penuh supaya pembakaran pada ruang bakar seimbang. 

            3. Inlet house

    Inlet house adalah selang masuknya bensin ke karburator. Seperti pengertian, fungsinya yakni untuk mengalirkan bahan bakar ke mesin karburator. 

            4. Main Jet

    Komponen ini memiliki bentuk kerucut, dengan bentuk lancip di bawah. Fungsinya untuk mengatur besar kecilnya bahan bakar yang nantinya akan bercampur dengan udara. 

    Peran main jet ini sangat penting. Sehingga butuh dilakukan pengecekan rutin ke bengkel bersama komponen karburator mobil lainnya.

            5. Venturi

    Venturi merupakan salah satu komponen dengan fungsi menaikkan kecepatan dari udara. Bentuknya layaknya lubang dengan ukuran yang sempit. Komponen ini jadi salah satu pembeda kecepatan antar mobil.

            6. Choke Valve

    Komponen karburator satu ini berbentuk seperti katup gas. Letaknya sebelum venturi. Fungsinya untuk menutup udara yang akan masuk ke mesin.  

    Nah, apabila choke valve ini ditutup, maka bahan bakar yang masuk akan lebih banyak. Campuran yang banyak ini membuat mobil lebih nyaman digunakan.

            7. Throttle Valve

    Selanjutnya ada Throttle Valve atau Piston Valve. Komponen satu ini bekerja bersama dengan main jet