Berita

    Kunci Momen: Fungsi, Jenis, dan Cara Menggunakannya

    Kunci Momen atau Kunci Torsi merupakan salah satu alat bantu pada kendaraan bermotor yang berfungsi untuk mengencangkan baut atau mur dengan tingkat kekencangan yang bisa diatur sesuai kebutuhan.

    Kunci Torsi begitu banyak digunakan, mengingat setiap baut atau mur yang ada di kendaraan bermotor memiliki nilai torsi yang berbeda-beda. Hal ini berarti tidak semua mur atau baut yang dipasang dengan begitu kencang dapat berdampak baik.

    Seiring berjalannya waktu, kebutuhan akan Kunci Torsi begitu beragam sehingga produsen spare part otomotif menghadirkan berbagai jenis Kunci Torsi. Fungsi Kunci Momen pun menjadi beragam.

    Agar lebih mudah membedakan, berikut ini adalah jenis, fungsi, dan cara menggunakan kunci momen.

    • Deflecting Beam

    Kunci Torsi Deflecting Beam dilengkapi dengan jarum penunjuk yang diletakkan di bagian batang.

    Dengan adanya jarum penunjuk ini, tentu pengguna dapat mengatur tingkat kekencangan sesuai kebutuhan.

    Cara menggunakan Kunci momen ini yaitu dengan memutar kunci searah jarum jam hingga sesuai dengan tingkat kekencangan yang ada di bagian penujuk.

    • Dial Indicator

    Kunci Torsi Dial Indikator menggunakan dial indikator sebagai pengukurnya yang berarti dapat memeriksa penyimpangan dengan skala yang sangat kecil dari bidang silinder, bidang bulat, bidang datar, dan kesejajaran.

    Tingkat ketelitian Kunci Momen ini berada di antara 0,01 mm hingga 0,001 mm.

    Cara menggunakannya adalah dengan mengatur tingkat kekencangan pada dial indikator lalu pilih kepala shock yang sesuai dengan ukuran baut atau mur dan lakukan pengencangan dengan memutar handle searah jarum jam.

    • Micrometer Clicker

    Jenis Kunci Momen ini memiliki penyetelan ukuran kekencangan di bagian tangkai. Dengan adanya penyetelan ukuran ini, maka bisa digunakan tanpa harus melihat skala pengencangan karena pengguna hanya perlu mendengarkan bunyi klik saat pengencangan telah sesuai.

    Untuk menggunakannya, Anda harus mengatur skala kekencangan terlebih dahulu lalu melakukan pengencangan dengan memutar tangkai hingga berbunyi klik

    • Pneumatik

    Kunci Torsi Pneumatik agak sedikit berbeda karena memanfaatkan tekanan udara dalam melakukan pengencangan pada baut atau mur yang berukuran besar. Udara yang memiliki kompresi merupakan sumber utama Kunci Pneumatik ini.

    Kunci ini diklaim memiliki tingkat akurasi yang sangat tinggi.