Berita

    Planetary Gear: Fungsi, Komponen & Cara Kerjanya

    Planetary gear merupakan salah satu komponen yang digunakan untuk menaikan dan menurunkan momen mesin, menaikan dan menurunkan kecepatan kendaraan, memundurkan kendaraan dan menggerakkan maju suatu mesin. 

    Secara umum, penggunaan komponen tersebut diaplikasikan pada mesin untuk menghasilkan tenaga dan menggerakan kendaraan yang memiliki beban berat dengan tenaga yang ringan.

    Komponen Planetary Gear 

    Ketika kendaraan akan berhenti dan akan berjalan, dibutuhkan momen yang besar sekaligus gigi yang rendah untuk menggerakan kendaraan. Namun, ketika kecepatan tinggi, dibutuhkan gigi yang tinggi dan momen yang kecil agar laju kendaraan terjaga. 

    Berikut ini adalah komponen dari planetary gear yang menyokong hubungan antara kecepatan dan momen mesin.

            1. Sun Gear

    Posisi dari komponen ini berada di pusat atau tengah dari kumpulan gear lainnya. sesuai dengan namanya, semua gear menjadikan sun gear sebagai pusat putarannya. Komponen ini umumnya didesain dengan model bernama spur gear atau helical gear

    Jika dilihat dari jumlah gigi gearnya, jenis ini memiliki jumlah paling sedikit dibanding yang lain. Proses ketika para gear berputar akan mendorong gigi-gigi yang berada pada sun gear ini bertaut dengan gigi-gigi pada gear yang dinamakan planetary pinion gear.

            2. Planetary Pinion Gear

    Komponen ini posisinya diletakkan Komponen gear unit ini posisinya dipasang mengelilingi poros tengah sun gear dan dilingkari oleh annulus atau ring gear. Planetary pinion gear ini dilingkari oleh ring gear pada sebuah kerangka yang dinamakan planetary carrier

    Pada umumnya, planetary carrier dibuat dari bahan besi campuran dan pada masing-masing ujungnya ada sebuah shaft sebagai poros tempat perputaran planetary pinion gear.

    Selain itu, dalam sebuah kerangka planetary carrier terdapat 3 buah planetary pinion gear yang terpasang. Sedangkan pada kendaraan berat, ada 5 buah yang terpasang.

            3. Ring Gear atau Annulus Gear

    Benda ini merupakan bagian dari komponen planetary gear yang tempatnya berada di lintasan paling luar. Ring gear ini bertautan dengan pinion gear dan mengitari seluruh pinion gear maupun sun gear.