Berita

    8 Cara Merawat Ban Serep Mobil Agar Selalu Prima

    Ban serep sering tak jadi perhatian pemilik mobil. Padahal keberadaannya sangat penting jika ban utama mengalami permasalahan. 

    Untuk itu sebagai pemilik kendaraan, Anda harus memperhatikan ban cadangan ini. Lakukan perawatan berikut ini, supaya ketahanan ban bisa terjaga.

            1. Bersihkan secara rutin

    Meski jarang digunakan, bersihkan ban cadangan secara rutin. Tidak perlu menggunakan cairan, hanya bersihkan dengan lap yang kering.

    Sebab, apabila dibersihkan menggunakan cairan atau bahkan semir mobil, maka bagian pelek bisa berkarat. Tentu hal ini berimbas pada ban yang jadi tidak awet digunakan.

    Paling tidak, lap ban cadangan ini selama 2 minggu sekali. Pastikan tidak ada bagian yang kotor ya di setiap bagian ban cadangan.

            2. Tutupi dengan cover atau pelindung

    Setelah dibersihkan secara rutin, tutup ban cadangan dengan cover atau pelindung. Supaya ban serep ini tidak terkena sinar matahari yang terik, maupun hujan.

    Biasanya, pelindung ini diberikan saat membeli mobil. Namun, Anda juga bisa kok membelinya sendiri di toko terdekat atau marketplace.

    Pelindung ban cadangan ini bakal menutup keseluruhan permukaan ban. Sehingga ban dipastikan bersih dari debu jalanan.

            3. Cek kondisi secara berkala

    Selain memeriksa kondisi ban utama secara berkala, sebaiknya Anda juga harus sering memeriksa kondisi ban cadangan. Apabila kurang angin, maka harus diisi angin.

    Atau apabila ban sudah tipis, maka harus segera diganti. Supaya jika ban utama sedang bocor, Anda tidak bingung mencari tambal ban. Tinggal menggantinya saja dengan ban cadangan.

    Nah, biasanya umur ban cadangan ini yaitu 4 tahun. Jika sudah lebih dari usia tersebut, segera perbarui ban serep Anda ya!

            4. Jaga tekanan angin

    Merawat ban serep mobil memang susah-susah gampang. Anda harus menjaga tekanan angin pada ban cadangan. Pengisiannya pun juga tidak bisa disamakan.

    Misalnya saja ban utama Anda menggunakan spesifikasi 32 bar. Anda bisa memberi tekanan angin sebanyak 50 bar. Sebab saat tidak digunakan, tekanan ini bakal turun.

    Untuk itu pada poin ketiga tadi, Anda harus melakukan pengecekan secara berkala. Supaya bisa mengetahui kondisi ban cadangan Anda.

            5. Rotasi ban