Berita

    Cara Kilat Membersihkan dan Menjaga Kaca Mobil Tetap Bersih

    Kaca mobil merupakan komponen penting yang membutuhkan perawatan. Cara perawatannya tentu sedikit berbeda dengan perawatan pada bodi mobil. Dengan menjaga kebersihan kaca, tampilan mobil akan terlihat lebih fresh dan tidak kusam.

    Selain itu, kaca yang bersih juga mempermudah penglihatan saat mengemudi. Jika tidak dilakukan perawatan yang benar, kaca bisa menjadi buram dan mengganggu penglihatan ketika mengemudi. Tentunya, ini berbahaya bagi keselamatan Anda.

    Cara Mudah Menjaga Kebersihan Kaca Mobil

    Kaca yang buram tidak hanya mempengaruhi nilai estetika mobil, tetapi juga berbahaya bagi keselamatan pengemudi karena bisa membuat pandangan tidak jelas. Berikut ini cara mudah menjaga dan membersihkan kaca pada mobil yang bisa Anda ikuti:

    • Waspada terhadap Goresan Kaca Film

    Kaca film digunakan untuk melindungi kaca dari goresan dan sinar matahari. Namun, kaca film juga bisa tergores, terutama jika Anda tidak berhati-hati ketika memasukkan benda ke dalam mobil. 

    Oleh karena itu, waspadalah terhadap benda-benda yang berpotensi menggores kaca film, seperti kunci, ponsel, atau benda tajam lainnya. 

    • Jaga Kebersihan Kaca secara Rutin

    Debu, kotoran, dan noda lain dapat membuat kaca menjadi buram dan mengganggu visibilitas. Oleh karena itu, penting untuk membersihkan kaca secara rutin, setidaknya seminggu sekali.

    Untuk membersihkan kaca pada mobil, Anda bisa menggunakan air sabun atau cairan pembersih kaca khusus. Pastikan untuk menggunakan lap yang lembut dan bersih agar tidak menggores kaca.

    • Bersihkan Kaca dengan Lap Bersih

    Kondisi lap pun sangat mempengaruhi perawatan kaca mobil supaya senantiasa mengkilap. Lap bersih dan lembut mampu mencegah kaca tergores.

     

    melap kaca mobil

    Freepik.com

    Hindari menggunakan lap yang kasar atau berbulu karena dapat menggores kaca. Anda juga bisa menggunakan lap microfiber yang khusus dirancang untuk membersihkan kaca.

    • Langsung Keringkan 

    Kaca basah lantaran hujan atau sesudah dicuci umumnya bisa gampang terserang jamur. Oleh karena itu, penting untuk mengeringkan kaca sesegera mungkin.

    Anda bisa menggunakan lap kering atau kain lap khusus untuk mengeringkan kaca. Pastikan untuk mengeringkan kaca hingga benar-benar kering agar tidak menimbulkan jamur.

    • Periksa Karet Wiper

    Karet wiper berfungsi untuk menyapu air hujan dan kotoran dari kaca pada mobil. Oleh karena itu, penting untuk memeriksa rutin kondisi karet wiper.

    Jika karet wiper sudah keras atau retak, segera ganti dengan yang baru. Pasalnya, karet wiper yang sudah keras atau retak akan sulit membersihkan kaca dan dapat meninggalkan goresan.

    • Gunakan Cairan Anti Jamur

    Jamur dapat membuat kaca menjadi buram dan mengganggu pandangan ketika mengemudi. Untuk mencegah pertumbuhan jamur, Anda bisa menggunakan cairan anti jamur.

    Cairan anti jamur biasanya tersedia dalam bentuk spray atau cairan. Cara penggunaannya cukup mudah, yaitu dengan menyemprotkan cairan anti jamur ke kaca dan diamkan selama beberapa menit.

    • Lakukan Perawatan secara Profesional

    Jika kaca pada mobil Anda sudah sangat kotor atau berjamur, Anda bisa membawanya ke bengkel untuk dibersihkan secara profesional. 

    Bengkel biasanya menggunakan alat khusus untuk membersihkan kaca pada mobil secara menyeluruh. 

    Selain itu, bengkel juga bisa mengganti karet wiper jika sudah rusak. Bila sudah tidak dapat dibersihkan, cobalah untuk mengganti kaca tersebut dengan yang baru.