Berita

    Featured Image

    Tips Pemula! Cara Melatih Feeling Mengemudi

    Belajar mengemudi tidak hanya sekadar menguasai teori namun juga harus pandai memainkan feeling. Anda perlu melatih feeling mengemudi dengan baik agar nantinya bisa berkendara dengan lancar dalam segala situasi. 

    Tentunya melatih feeling saat mengemudi ini tidaklah mudah. Tapi ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan. Jika nantinya Anda sudah bisa menguasai feeling mengemudi tersebut maka akan lebih mudah untuk mengendalikan mobil di jalanan. 

    Cara Melatih Feeling Mengemudi

    Mengasah feeling saat mengemudi akan membantu Anda lebih menguasai kendaraan dengan baik. Anda bisa merasakan adanya perubahan kecil dan hal-hal lain yang terjadi pada mobil saat dikendarai. 

    Feeling yang tajam selama mengemudi juga akan membantu meningkatkan kewaspadaan Anda selama berkendara. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa diterapkan jika Anda ingin mengasah feeling mengemudi tersebut. 

    • Kenali Mobil Anda

    Cara pertama, kenali dulu seperti apa mobil Anda. Semua pengemudi harus bisa mengenali kendaraan yang mereka jalankan. Ini merupakan langkah awal untuk bisa mengemudikan kendaraan tersebut dengan lancar nantinya. 

    Luangkan waktu sejenak untuk mencari tahu lebih banyak mengenai mobil Anda. Pahami seperti apa karakteristiknya, bagaimana bentuk bodinya, apa saja fitur yang tersedia, dan lain-lain. 

    Kenali Mobil AndaFreepik.com

    Anda juga perlu memahami seperti apa mobil berakselerasi. Rasakan juga bagaimana gerakan mobil saat mengerem dan berbelok. Semua detail ini sangat penting untuk membantu mengasah feeling Anda saat berkendara nanti. 

    • Coba Mengemudi di Berbagai Jalan

    Hindari mengemudi di jalan yang itu-itu saja apalagi medan jalannya terbilang mudah. Sebagai pengemudi, Anda bisa saja harus menghadapi medan jalan yang cukup sulit dan menantang. 

    Lebih baik biasakan diri untuk mengendarai mobil di berbagai jenis kondisi jalan. Mulai dari jalanan yang rata, licin, bergelombang, berpasir, dan lain sebagainya. Dari sini Anda bisa merasakan bagaimana mobil melaju di berbagai medan. 

    • Pilih Teknik Mengemudi yang Tepat

    Hal berikutnya yang perlu dilakukan adalah memilih dan menerapkan teknik mengemudi yang tepat. Ada beberapa jenis teknik mengemudi yang bisa Anda pelajari yaitu threshold braking, heel-and-toe, dan steering control

    Setiap teknik mengemudi akan membantu Anda merasakan seperti apa batas performa dari sebuah mobil. Teknik mengemudi yang Anda terapkan butuh kepekaan yang tinggi dan pada akhirnya akan membuat feeling Anda semakin terlatih. 

    • Latih Kepekaan pada Getaran dan Suara

    Cara lain melatih feeling mengemudi adalah dengan mengasah kepekaan terhadap getaran dan suara di dalam mobil. Perlu diketahui bahwa setiap getaran dan suara dari mobil memuat beragam jenis informasi. 

    Anda sebaiknya lebih peka lagi terhadap getaran dan suara tersebut. Dari sini Anda bisa memahami kondisi mobil Anda. Jika ada hal-hal yang ganjil maka Anda bisa langsung melakukan pemeriksaan demi menjaga performa mobil. 

    • Tingkatkan Jam Terbang

    Tentunya feeling mengemudi akan jadi lebih terlatih kalau Anda sering mengemudi. Tingkatkan jam terbang mengemudi Anda di berbagai jenis medan jalan. Ini akan membantu Anda terbiasa mengemudi dalam kondisi yang berbeda-beda. 

    Semakin tinggi jam terbang dalam mengemudi maka akan semakin terasah feeling Anda. Hal ini juga akan membuat skill mengemudi Anda jadi lebih bagus sehingga lebih percaya diri saat melaju di jalanan.