Berita

    Hindari Hal Ini Ketika Memiliki Mobil Baru

    Merawat mobil baru merupakan langkah penting yang kerap terlupakan oleh banyak pemilik kendaraan. Begitu seseorang membeli mobil baru, kegembiraan untuk segera mengendarainya seringkali mengalahkan kesadaran akan pentingnya perawatan yang tepat. 

    Namun, perawatan pada mobil baru sejak awal adalah investasi yang penting untuk masa depan kendaraan Anda. Sebuah mobil baru bukan hanya sekadar kendaraan, tetapi juga merupakan simbol prestise dan kenyamanan. 

    Dalam menjaga mobil baru, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar kendaraan tetap dalam kondisi optimal selama bertahun-tahun. Simak artikel berikut ini untuk penjelasan lengkapnya!

    6 Hal Yang Harus Dihindari Guna Merawat Mobil Baru

    Berikut adalah 6 hal yang harus anda hindari ketika memiliki mobil baru:

    • Menyalakan Mesin Tanpa Menunggu Indikator Mati

    Ketika Anda memulai mobil baru Anda, penting untuk tidak terburu-buru menyalakan mesin saat masih ada beberapa indikator yang menyala di dashboard. Ini adalah kesalahan umum yang sering diabaikan. 

    Menunggu sejenak agar sistem komputer mobil membaca semua data dengan baik sebelum menyalakan mesin dapat membantu mencegah kerusakan pada sistem elektronik mobil. 

    Hal ini merupakan bagian yang sangat penting dalam merawat mobil baru Anda. Dengan memberikan waktu bagi mobil untuk memeriksa kondisi secara menyeluruh, Anda dapat memastikan bahwa mesin beroperasi dengan optimal.

    • Penggunaan Gigi yang Tidak Tepat

    Salah satu kesalahan umum lainnya adalah memindahkan gigi pada RPM yang tidak tepat. Terutama dalam 1.000 km pertama, membatasi RPM agar transmisi tetap berfungsi dengan baik sangatlah penting. 

    Penggunaan Gigi yang Tidak Tepat

    Pexels.com

    Memahami kapan saat yang tepat untuk memindahkan gigi dapat membantu menjaga performa transmisi kendaraan. Dengan demikian, kendaraan akan tetap terjaga dengan baik dan tidak mengalami keausan yang cepat.. 

    • Terlalu Sering Berkendara Jarak Pendek

    Menggunakan mobil baru untuk perjalanan jarak pendek dapat mengganggu mesin karena tidak memberinya kesempatan untuk beroperasi secara optimal. Langkah merawat mobil baru lainnya yang pelu diperhatikan adalah hindari perjalanan dengan jarak kurang dari 5 km selama periode 1.000 km pertama. 

    Dengan memberikan kesempatan bagi mesin mobil untuk beroperasi dalam kondisi yang optimal, Anda dapat memastikan bahwa kendaraan akan tetap stabil dan terjaga dengan baik. 

    • Menginjak Pedal Gas Terlalu Dalam

    Menginjak pedal gas terlalu dalam dapat mengakibatkan mobil melaju terlalu kencang. Hal ini tidak hanya membahayakan keselamatan, tetapi juga dapat mempengaruhi kinerja transmisi, terutama pada mobil dengan transmisi manual. 

    Batasi tekanan gas agar tetap dalam rentang yang aman dan optimal untuk menjaga keseimbangan performa mesin.

    • Menyentuh Red-line

    Mendengar mesin mencapai red-line atau batas maksimal putaran mesin mungkin terasa menyenangkan, namun hal itu sebaiknya dihindari pada mobil baru. Menginjak red-line terlalu sering dapat mengakibatkan keausan yang cepat pada mesin. 

    Upayakan untuk mengganti gigi pada kisaran RPM yang aman dan sesuai dengan rekomendasi pabrikan, terutama selama periode 1.000 km pertama.

    • Digunakan Sebagai Derek

    Menggunakan mobil baru sebagai kendaraan derek dapat menyebabkan kerusakan pada mesin. Mobil baru belum siap untuk melakukan pekerjaan yang berat seperti ini, terutama selama periode awal pemakaian. 

    Hindari menggunakan mobil baru Anda untuk tugas yang tidak sesuai dengan fungsinya agar dapat menjaga kondisi mesin dan mencegah kerusakan yang tidak perlu.

    Perawatan pada mobil baru adalah investasi yang penting untuk memastikan kendaraan tetap berkinerja optimal dan awet dalam jangka waktu yang panjang. Dengan menghindari kesalahan-kesalahan perawatan seperti yang telah dijelaskan di atas, Anda dapat memperpanjang umur pakai mobil Anda dan menikmati kenyamanan berkendara yang lebih lama.