Berita

    Kaca Mobil Anda Baret? Tenang Ini Cara Mengatasinya dengan Aman

    Masalah kaca mobil baret jangan dianggap sepele. Selain bisa mengganggu estetika, baret ini juga bisa bertambah parah. Itulah mengapa sebaiknya Anda langsung mengambil solusi saat mengetahui ada baret pada kaca mobil. 

    Ada banyak hal yang bisa menyebabkan baret pada kaca mobil Anda. Sebaiknya Anda tidak perlu panik jika menemui kondisi seperti ini karena ada banyak solusi yang bisa Anda coba. 

    Penyebab Kaca Mobil Baret

    Baret pada kaca mobil umumnya disebabkan oleh gesekan yang terjadi di permukaan kaca tersebut. Penyebab gesekan inilah yang sangat bervariasi dan seringkali tidak bisa Anda duga. 

    Salah satu penyebab yang paling sering terjadi adalah goresan atau gesekan dari wiper. Jika wiper Anda sudah lama dipakai dan bantalannya semakin tipis maka gesekan wiper bisa memicu baret. 

    Selain wiper yang sudah lama dan aus, bisa juga terjadi karena wiper dalam kondisi kotor. Debu atau kotoran yang menempel di wiper bisa menyebabkan goresan dan baret di kaca mobil. 

    Baret juga bisa muncul pada kaca ketika Anda menggunakan kain lap yang tidak bersih saat membersihkan mobil. Lap yang tidak bersih dan permukaannya kasar akan meninggalkan baret yang cukup parah di kaca mobil kesayangan Anda. 

    penggunaan kain membersihkan kaca mobilFreepik.com

    Solusi Mengatasi Baret pada Kaca Mobil

    Perlu diketahui bahwa baret di kaca mobil harus segera diatasi agar tidak mengganggu kenyamanan Anda selama mengemudi. Berikut ini beberapa solusi yang bisa Anda coba untuk mengatasi masalah kaca mobil baret:

    • Gunakan Kompon Mobil

    Solusi pertama yang bisa dicoba adalah memakai kompon penghilang baret di kaca mobil. Kompon ini bisa Anda dapatkan dengan mudah di toko perlengkapan mobil. Namun jenis kompon ini hanya bisa mengatasi baret ringan. 

    Cara pemakaiannya sangat mudah, Anda hanya perlu mengoleskan kompon di bagian kaca yang baret. Kompon ini berupa cairan berwarna putih dan bisa dilap dengan mudah menggunakan lap microfiber

    • Aplikasikan Amonia

    Anda juga bisa mencoba amonia untuk menghilangkan baret pada kaca mobil. Amonia merupakan bahan kimia yang bisa mengatasi baret namun harus digunakan secara hati-hati. 

    Amonia bisa Anda temukan di toko-toko bahan kimia maupun toko peralatan otomotif. Cukup campurkan 1/2 ons amonia dengan 1/2 liter air. Setelah itu masukkan lap microfiber ke larutan tersebut dan usapkan di kaca mobil. 

    • Pakai Cerium Oxide

    Selain amonia, Anda juga bisa mencoba bahan kimia cerium oxide sebagai solusi kaca mobil baret. Serium oksida ini berbentuk bubuk poles yang bisa dioleskan ke kaca agar mengilap dan baret pada kaca menghilang perlahan. 

    Pertama-tama Anda harus membersihkan kaca terlebih dahulu. Setelah itu amplas bagian kaca mobil sampai lapisannya rata. Selanjutnya Anda bisa mencampur serium oksida tadi dengan air sampai teksturnya cukup kental. 

    Jika kaca mobil sudah bersih dan halus, oleskan campuran serium oksida dan air tadi ke kaca. Gosok secara perlahan agar pasta serium oksida meresap sempurna. 

    • Gunakan Pasta Gigi

    Anda juga bisa menggunakan pasta gigi untuk mengatasi baret ringan pada kaca mobil. Hidrogen Peroksida yang ada pada pasta gigi diketahui bisa mengatasi baret dan menutupnya dengan baik. 

    Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu mengoleskan pasta gigi di bagian kaca yang baret. Diamkan beberapa saat lalu lap dan bilas menggunakan air bersih.