Berita

    Tips Mengemudi Aman bagi Ibu Rumah Tangga

    Keterampilan mengemudi sangatlah dibutuhkan oleh para ibu rumah tangga. Demi memastikan keamanan mereka, maka perlu diterapkan beberapa tips mengemudi yang aman dan tepat. 

    Kemampuan mengemudi yang baik akan sangat mempermudah ibu rumah tangga dalam beraktivitas. Apalagi jika harus antar jemput anak-anak ke sekolah setiap hari. Mari cari tahu apa saja tips mengemudi yang dapat diterapkan. 

    Tips Mengemudi untuk Ibu Rumah Tangga

    Jika memang ingin mempermudah aktivitas sehari-hari dengan menggunakan mobil, maka pastikan Anda benar-benar siap. Pastikan bahwa Anda memiliki keterampilan mengemudi yang baik. 

    Hal ini penting untuk diperhatikan demi keselamatan Anda sendiri maupun anggota keluarga dan pengguna jalan lainnya. Berikut adalah beberapa tips mengemudi yang sangat disarankan untuk para ibu rumah tangga.

    • Cek Kondisi Mobil sebelum Berkendara

    Tips pertama, selalu cek kondisi mobil Anda sebelum pergi. Hal ini sangat penting untuk dilakukan agar Anda bisa berkendara dengan lancar tanpa kendala apapun. Anda bisa meminta bantuan suami untuk melakukan pengecekan. 

    Paling tidak pastikan bahan bakar mencukupi dan ban mobil dalam kondisi baik. Selain itu Anda juga harus melakukan servis mobil secara rutin demi memastikan kendaraan selalu prima saat digunakan. 

    • Gunakan Car Seat

    Jika Anda membawa anak-anak saat berkendara maka pastikan untuk selalu memakai car seat. Sebagai orang tua, Anda wajib memiliki benda ini di dalam mobil agar anak-anak bisa berkendara dengan aman. 

    car seat anakFreepik.com

    Pilih tipe car seat yang tepat dan berkualitas. Pastikan car seat tersebut benar-benar bisa mendukung keamanan dan kenyamanan di jalan. Selain aman untuk anak-anak, adanya car seat juga akan mempermudah Anda fokus mengemudi. 

    • Pastikan Selalu Fokus

    Tentunya Anda harus memastikan untuk selalu fokus saat berkendara. Jaga konsentrasi selama mengemudi demi keselamatan diri sendiri dan pengendara lain di jalanan. 

    Anda juga perlu menghindari berbagai jenis distraksi. Pastikan Anda benar-benar bisa fokus ke jalan dan tidak terganggu konsentrasinya oleh hal-hal lain. 

    • Jaga Kecepatan Berkendara

    Tips mengemudi berikutnya yang bisa diterapkan oleh para ibu rumah tangga adalah mengemudi dengan kecepatan aman. Jaga selalu kecepatan berkendara agar tidak membahayakan diri sendiri dan pengguna jalan lainnya. 

    Anda juga sebaiknya mengetahui berapa batas maksimal kecepatan di jalan yang Anda lalui. Ini akan membantu Anda untuk mengemudi secara terkontrol dan jauh lebih aman. 

    • Selalu Gunakan Sabuk Pengaman

    Sudah pasti Anda harus selalu memakai sabuk pengaman selama berkendara. Pastikan sabuk pengaman dalam kondisi yang baik dan bisa digunakan untuk menjaga keamanan diri sendiri saat mengemudi. 

    Jika Anda berkendara bersama anak-anak maka pastikan mereka juga memakai sabuk pengaman dengan tepat. Apalagi untuk anak yang berada di car seat, pastikan posisinya benar-benar aman. 

    • Menepilah saat Ada Situasi Darurat

    Ingatlah untuk selalu menepi terlebih dahulu saat ada situasi darurat. Hindari memaksakan diri tetap berkendara pada situasi tertentu. Ini bisa membahayakan diri Anda dan keluarga di dalam mobil. 

    Misalnya saja saat Anda harus menerima telepon. Bisa juga saat anak di dalam mobil ingin makan, minum, atau butuh pertolongan Anda untuk melakukan sesuatu. Cari tempat aman untuk menepi dan selesaikan dulu urusan darurat Anda.