Berita

    Kenali Berbagai Macam Jenis Oli Pada Mobil

    Oli memiliki fungsi sebagai pelumas. Tidak hanya itu saja, oli juga memiliki peran penting lainnya seperti untuk mencegah munculnya karat serta untuk mendinginkan mesin. Pada mobil, penggunaan oli ini berbeda-beda bergantung kepada kecocokan.

    Maka dari itu, ketika Anda hendak memilih oli untuk mobil kesayangan, Anda perlu memperhatikan jenis oli mobil yang menyangkut beberapa hal seperti misalnya produk mana yang sesuai untuk digunakan pada tipe mesin mobil Anda, jenis bahan dasar dari oli tersebut, hingga perhatikan pula tingkat kekentalan oli.

    Jenis Oli Mobil

    Sebuah mobil bisa berfungsi dengan baik apabila masing-masing komponennya pun berfungsi dengan baik pula. Salah satu cara agar komponen pada mobil bisa berfungsi dengan baik adalah dengan memberikan oli sebagai pelumas pada mobil, terdapat macam-macam oli yang terbagi ke dalam jenis berikut:

    • Oli Mesin

    Sesuai namanya, oli mesin merupakan oli yang memiliki fungsi untuk melumaskan bagian mesin pada mobil.

    • Oli Gardan

    Oli gardan merupakan oli yang memiliki fungsi untuk menghubungkan transmisi ke bagian gardan supaya lebih lancar. Oli ini perlu diganti apabila sudah terdengar suara dengung pada mobil, yang mana idealnya diganti ketika sudah menempuh 10.000 km.

    • Oli Power Steering

    Jenis oli lainnya yang diperlukan mobil yaitu oli untuk power steering. Jenis oli mobil ini berguna agar power steering tidak kaku sehingga memudahkan pengemudi dalam berkendara.

    • Oli Transmisi

    Oli berikutnya yaitu oli untuk bagian transmisi. Sistem transmisi perlu diberi oli supaya ketika sedang terjadi proses pergantian gigi dapat dilakukan dengan lancar. 

    • Oli Rem

    Agar rem terjaga kualitasnya, maka Anda harus memberikan pelumas. Anda juga harus sering melakukan pemeriksaan pada kondisi oli. Sebagai tips, Anda perlu mengganti oli ketika warna oli sudah berubah seperti misalnya diakibatkan oleh adanya kontaminasi. Bagaimanapun, Anda harus tetap mengganti oli setelah menempuh 30,000 km.

    Oli Mobil Berdasarkan Bahan Dasarnya

    Berdasarkan bahan pembentuknya, oli terbagi ke dalam 3 jenis. Jenis-jenis dari oli ini tentunya memiliki sifat berbeda yang mana bisa Anda sesuaikan dengan kondisi mobil milik Anda Pembahasannya yaitu sebagai berikut.

    • Oli Mineral