Berita

    Ketahui Cara Mudah Melihat dan Menghitung PCD Velg Mobil

    PCD velg mobil adalah Pitch Circle Diameter yang berarti jarak antara baut dengan roda. Ukuran ini berbeda setiap velgnya. Biasanya tergantung dengan jenis mobil dan merek dari kendaraan. 

    Maka dari itu, penting untuk melihat dan mengetahuinya. Tujuannya agar Anda bisa mengetahui ukuran apabila akan melakukan modifikasi. 

    Lantas, bagaimana cara mengetahui PCD ini? Baca artikel ini sampai selesai jika Anda ingin mengetahuinya.

    Pahami PCD Velg Mobil

    Sebelum mengetahui cara melihat dan juga menghitung ukuran PCD, Anda harus memahami apa itu pitch circle diameter atau biasa disebut bolt circle. Komponen ini merupakan diameter pada lubang baut, yang berseberangan dengan velg mobil.

    PCD ini imajiner, atau tidak ada pada baut. Anda harus mengukur sendiri apabila ingin mengetahui ukurannya.

    Cara Melihat Bolt Circle

    Ada tiga cara yang bisa Anda lakukan untuk melihat PCD atau bolt circle pada mobil. Antara lain:

            1. Pelajari Buku Manual Kendaraan

    Setiap mobil pasti dilengkapi dengan buku panduan manual kendaraan. Isi dari buku ini adalah seluruh komponen yang ada pada mobil, hingga cara merawatnya. 

    Apabila Anda ingin mengetahui PCD pada kendaraan, coba pelajari buku panduannya. Buku ini juga menjelaskan terkait PCD pada velg kendaraan. Biasanya Anda bisa menemukan tema ini pada bab mengenai roda.

            2. Melihat pada Velg 

    Cara berikutnya yang bisa Anda lakukan yaitu dengan melihatnya secara langsung. Biasanya PCD juga tertera pada kendaraan Anda.

    Pahami cara baca PCD pada velg mobil. Sebagai contoh apabila tertera angka 5x105,4 maka berarti velg memiliki 5 baut. Sementara itu, 105,4 adalah angka perkiraan ukuran antar baut pada mobil.

    Maka cara bacanya adalah velg memiliki 5 baut dengan jarak antar baut adalah 105,4 cm. Mudah bukan melihatnya?

            3. Pengukuran Manual

    Terakhir adalah dengan melakukan pengukuran secara manual. Hal ini bisa Anda lakukan apabila tidak menemukan angka pada PCD setelah melakukan dua aktivitas di atas.

    Cara untuk mengukur PCD velg mobil tidak sulit. Cukup siapkan meteran atau penggaris sebelum melakukan pengukuran. Pastikan alat yang Anda gunakan memiliki ukuran yang tepat ya. 

    Cara Menghitung PCD pada Velg Mobil

    Apabila Anda tidak bisa menemukan PCD pada buku panduan kendaraan, maka lakukan langkah pengukuran berikut ini. Bahan yang digunakan cukup alat ukur, baik penggaris ataupun meteran. Caranya yakni:

    1. Ketahui jumlah baut pada velg dengan menghitungnya terlebih dahulu;
    2. Apabila jumlah bautnya genap, seperti 4, 6 atau 8, maka Anda cukup melakukan pengukuran jarak di antara titik tengah lingkar baut yang letaknya berseberangan secara langsung. 
    3. Berbeda jika jumlah baut pada pelek mobil Anda ganjil. Cara menghitungnya yaitu dengan meletakkan meteran ke ujung luar pada salah satu baut, kemudian tarik hingga ke titik tengah paling jauh pada baut seberang. 
    4. Catat ukuran dengan format berikut: jumlah baut X hasil ukur. Misalnya saja PCD 5X112. Itu berarti jumlah bautnya 5, dan diameter yang didapatkan antar baut adalah 112.