Berita

    Ketahui Kelebihan Rem Tromol Dibandingkan Rem Cakram

    Kini sistem pengereman kendaraan bermotor mengalami perubahan. Namun, tak menutup kemungkinan jika masih saja kendaraan yang menggunakan jenis rem tertentu. Tromol salah satunya.

    Beragam alasan mereka memilih jenis rem tersebut. Salah satu alasan yang masuk akal yaitu karena keunggulannya dibandingkan jenis rem kendaraan yang lain seperti jenis disc brake.

    Namun, Anda tidak perlu khawatir. Semua jenis rem memiliki keunggulannya masing-masing. Maka dari itu, jenis rem tromol ataupun rem cakram masih dapat Anda temukan hingga saat ini.

    Dengan demikian, artikel ini akan membahas seputar keunggulan dari kedua jenis rem tersebut dan dilengkapi dengan tips dalam merawatnya.

    Sekilas tentang Tromol dan Cakram

    Rem berjenis tromol bekerja saat gesekan kampas rem dan drum berputar secara bersamaan. Rem yang memiliki nama lain Brake Drum ini memiliki ciri khas tersendiri yaitu tertutupi oleh pelindung.

    Selain itu, letaknya pun sangat berbeda jauh. Brake Drum letaknya menyatu dengan roda kendaraan. Sedangkan rem berjenis cakram dapat Anda lihat dengan mudah karena berada di luar roda depan motor dengan bentuk bulat dan terkadang bergerigi.

    Kelebihan

    Drum Brake adalah satu-satunya rem kendaraan bermotor yang terhindar dari debu dan kotoran. Hal itu karena letaknya yang ditutupi oleh pelindung atau cover. Dikhawatirkan, debu-debu tersebut dapat mengurangi kinerja rem. 

    Selain itu, rem ini bisa Anda custom dengan menambahkan ukuran. Maka dari itu, Anda dapat membesarkan ukuran rem berjenis tromol. Hal tersebut dilakukan untuk hasil pengereman yang lebih maksimal.

    Umumnya, penampang yang besar dibutuhkan bagi kendaraan-kendaraan besar, sebab membutuhkan pengereman yang optimal. Semakin besar kendaraan, maka semakin besar pula usaha yang dilakukan oleh mesin rem untuk melakukan penahanan. 

    Namun, jenis rem ini sudah berinovasi. Dengan adanya teknologi S-Cam membuat performa pengereman pada kendaraan besar akan terasa sebaik rem berjenis cakram.

    Meskipun hanya diperuntukkan untuk kendaraan kecil, rem berjenis cakram atau Disk Brake memiliki keunggulan. Letaknya yang diluar, menjadikannya mudah untuk dilakukan pemeriksaan secara mandiri. Jika terjadi kerusakan pada jenis rem ini, Anda dapat melihatnya dan dengan mudah untuk diperbaiki.

    Cara Merawat Rem Kendaraan

    Meskipun memiliki keunggulannya masing-masing, Anda tetap tidak boleh melewatkan perawatannya. Berikut ini adalah beberapa cara sederhana yang dapat Anda lakukan dalam merawat rem kendaraan Anda.