Berita

    Mengidentifikasi Suara Aneh dari Bagian Bawah Mobil

    Pernahkah Anda merasa terganggu oleh adanya kemunculan suara aneh bagian bawah mobil? Jika ya, tentu hal tersebut bisa sangat mengesalkan, terutama ketika terjadi di tengah kemacetan. Kejengkelan Anda mungkin akan semakin bertambah.

    Umumnya, gangguan dari suara aneh tersebut dialami oleh mobil yang sudah berusia lebih dari lima tahun. Meskipun demikian, bukan tidak mungkin hal serupa bisa juga terjadi pada mobil baru yang usianya belum mencapai lima tahun.

    Beberapa Sumber Suara Aneh Bagian Bawah Mobil 

    Sebelum membawa mobil ke bengkel untuk diperbaiki, lebih baik ketahui sumber dari suara-suara yang  mengganggu tersebut.

    Jika bisa, lebih baik jika Anda memperbaikinya sendiri tanpa harus pergi ke bengkel. Nah, berikut beberapa bagian yang dapat menjadi sumber munculnya suara mengganggu.

    • Bushing Arm

    Jika Anda mendengar suara deru keras yang terus-terusan, bisa jadi sumbernya dari bushing arm. Hal ini terutama ketika mobil melaju di jalan bergelombang, rusak, atau tidak rata.

    Jika memang benar sumber bunyinya berasal dari bushing arm, tandanya bahwa karet bushing arm sudah mengeras atau tidak fleksibel lagi. Segera ganti dengan yang baru.

    • Ball Joint

    Suara aneh bagian bawah mobil khususnya pada ball joint bisa Anda dengar ketika mobil belok ke kiri atau kanan.

    Bunyinya seperti gesekan logam. Ada dua cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya, yaitu mengganti komponen yang rusak atau menggunakan pelumas agar tidak terjadi gesekan.

    • Strut-bar

    Suara yang berasal dari bagian strut-bar terdengar seperti gesekan logam disertai dengan decitan di bagian bawah jok depan. 

    Suaranya lebih dibandingkan dengan bunyi decit dari bushing-arm. Ini timbul karena adanya kerusakan pada karet strut-bar.

    • Bearing atau Laher

    Jika Anda dengar suara yang terdengar mirip dengungan, itu bisa jadi bearing sudah retak atau pecah. Kerusakan pada komponen ini disebabkan oleh dua faktor, yaitu pelumas habis, dan mobil sering melalui jalanan rusak dengan kecepatan tinggi.

    Segera lakukan penggantian jika inilah sumber bunyinya. Penundaan dalam penggantian dapat menyebabkan bearing lepas, roda akan sulit berputar.

    suara aneh dari bawah mobil

    Pexels.com

    • Link Stabilizer

    Jika yang muncul adalah suara "duk-duk" halus di bagian depan atau di belakang, itu pertanda karet rusak karet akibat sering ngebut saat melewati jalan rusak. Segera lakukan penggantian dengan karet yang baru.

    • Long Tie-rod

    Ketika pelumas pada sambungan habis, akan timbul suara aneh bagian bawah mobil ketika bergerak. Tidak ada cara lain selain mengganti pelumas agar mobil berjalan dengan baik.

    • Per Daun Belakang

    Bunyi decit dari per daun belakang yang kering dan berkarat dapat diatasi dengan mengolesi pelumas atau oli. Alternatif lainnya adalah selipkan potongan karet ban dalam di antara lempengan per daun belakang tersebut.

    • Shockbreaker

    Saat ada bunyi “jedug” ketika mobil melintas di jalanan berlubang, terutama saat Anda ngebut, itu mungkin timbul karena shockbreaker tidak lagi berfungsi dengan baik. Apalagi jika terasa bantingan keras. Solusinya? Ganti dengan suku cadang baru!

    Jadi, itu dia beberapa sumber suara aneh bagian bawah mobil. Bunyi-bunyian itu pastinya akan sangat mengganggu.  Maka dari itu, segera lakukan perbaikan atau penggantian suku cadang yang baru.