Berita

    Featured Image

    Terungkap Ini Jenis & Cara dalam Mendempul Mobil

    Bodi mobil tidak selamanya mulus karena bisa saja muncul goresan, keropos, atau bahkan penyok. Anda perlu tahu bagaimana cara mendempul mobil yang benar agar masalah tersebut bisa teratasi dengan mudah. 

    Jenis Bahan untuk Mendempul Mobil

    Sebelum mulai mendempul tentu Anda harus tahu dulu bahan-bahan apa saja yang biasanya dipakai. Berikut adalah beberapa jenis dempul pada mobil yang biasanya diaplikasikan saat terjadi goresan atau penyok:

    • Dempul Plamir

    Pertama ada jenis dempul mobil plamir atau biasa dikenal juga dengan nama dempul epoxy putty. Jenis dempul yang satu ini dikenal memiliki ketahanan terhadap karat dan daya rekatnya sangat optimal. 

    Hanya saja jenis dempul plamir ini membutuhkan waktu pengeringan yang lebih lama. Bahan utama yang digunakan dalam dempul ini adalah epoxy resin dan amine

    • Dempul Plastik

    Lanjut ke jenis dempul berikutnya yaitu dempul plastik atau biasa disebut juga dengan nama polyester putty. Cara penggunaannya mudah karena Anda hanya perlu mencampurkan bahan plastik dengan bahan pasta hingga konsistensinya mengeras. 

    Jika dibandingkan dengan jenis dempul sebelumnya, dempul tipe ini memang butuh waktu pengeringan yang lebih cepat. Jadi lebih efektif digunakan jika tidak ingin ribet terlalu lama. 

    • Dempul Buatan

    Ada pula dempul buatan atau lacquer putty. Ini merupakan jenis dempul yang memakai campuran lapisan dasar dengan bedak. Bahan utama yang digunakan di jenis dempul ini adalah resin akrilik dan nitrocellulose

    Penggunaan dempul ini cukup tipis-tipis saja dan dioleskan tepat di bagian yang tergores. Kualitas hasil dempulannya cukup bagus dan mulus. 

    Langkah Mendempul Sendiri

    Selain mengetahui apa saja jenis dempul yang bisa dipakai, mari saatnya cari tahu bagaimana cara dempul mobil yang tepat. Berikut ini panduan langkah mendempul bodi mobil agar hasilnya cukup memuaskan:

    • Lakukan Persiapan

    Pertama-tama, Anda harus melakukan persiapan terlebih dahulu. Di sini Anda harus mempersiapkan beberapa jenis alat dan bahan yang akan digunakan untuk mendempul.

    Banyak jenis alat yang memang wajib dipersiapkan. Mulai dari amplas besi, kain lap microfiber, thinner, cat dasar, masker, sarung tangan, dan masih banyak lagi. 

    • Campurkan Bahan Dempul