Berita

    Tips Berbagi Jalan dengan Kendaraan Besar

    Ketika sedang berkendara di jalan raya, maka ada berbagai jenis kendaraan yang mungkin saja ditemui, termasuk kendaraan besar. Ada berbagai tips mengemudi yang sebaiknya Anda ketahui ketika berpapasan dengan jenis kendaraan tersebut.

    Dalam setiap perjalanan, keamanan menjadi hal pokok yang tidak boleh diabaikan. Ketahui berbagai tips berikut supaya tetap aman ketika harus berbagi jalan dengan kendaraan besar!

    Tips Mengemudi: Berbagi Jalan dengan Kendaraan Besar

    Ada berbagai jenis kendaraan besar yang mungkin saja ditemui di jalan, misalnya truk atau bus. Hal ini mungkin menjadi tantangan tersendiri bagi pengendara, terlebih yang masih pemula.

    Namun, ternyata ada berbagai hal yang dapat menjadi tips untuk Anda ketika berada dalam kondisi tersebut. Mulai dari mengetahui titik buta hingga saran untuk berpindah jalur, dapat menjadi langkah yang tepat untuk Anda.

    Berikut adalah berbagai tips yang sebaiknya Anda ketahui dan lakukan ketika melintas bersama kendaraan besar.

    • Ketahui Titik Buta Kendaraan Besar

    Setiap jenis kendaraan memang sudah memiliki kaca spion demi keamanan, termasuk kendaraan besar.

    Namun, berbagai jenis kendaraan besar memiliki titik buta yang jauh lebih banyak dibanding motor dan mobil pada umumnya. Titik buta tersebut yaitu terdapat pada bagian belakang, samping, dan bawah.

    Jika Anda berkendara tepat di belakang truk atau jenis kendaraan besar lainnya, maka bisa jadi kendaraan Anda sama sekali tidak terlihat karena posisi tersebut merupakan titik butanya.

    Selanjutnya, jika berada persis di samping truk, terlebih jika ada di sisi kiri, maka kendaraan juga akan sulit terlihat. Meski masih terlihat oleh spion, namun seringkali tidak terlihat dengan jelas.

    Lalu, jika kendaraan besar tersebut cukup tinggi, maka berbagai area di bagian bawahnya dapat menjadi titik buta dan tidak terlihat oleh pengendara.

    Demi tetap menjaga keamanan, maka sebaiknya Anda menghindari titik-titik buta di atas. Dengan begitu, maka Anda dapat berbagi jalan dengan lebih aman.

    • Pastikan untuk Tetap Jaga Jarak Aman

    Ketika sedang berkendara, jaga jarak merupakan tips mengemudi yang sangat perlu diperhatikan. Hal ini menjadi jauh lebih penting ketika sedang berbagi jalan dengan kendaraan besar, terlebih jika mereka membawa berbagai muatan berat.

    Meski sudah diatur sedemikian rupa, namun tetap ada risiko bahwa muatan tersebut bisa saja terjatuh atau terlepas.