Berita

    Tips Berkomunikasi yang Efektif dengan Mekanik Bengkel

    Penting untuk mengetahui tips komunikasi efektif yang bisa digunakan saat berbicara dengan mekanik bengkel. Tujuannya, agar permasalahan yang Anda rasakan pada mobil dapat tersampaikan dengan jelas ke mekanik. 

    Pasalnya, komunikasi yang buruk akan membuat penanganan mobil pun tidak maksimal. Bisa jadi Anda harus bolak-balik ke bengkel untuk melakukan pemeriksaan masalah yang sama secara bulang. Tentu ini akan merugikan Anda dari sisi waktu dan budget

    Tips Komunikasi Efektif dengan Mekanik Bengkel

    Komunikasi yang baik dengan mekanik akan membuat proses perbaikan berjalan lebih lancar dan cepat. Tentu, perbaikan pun tepat sasaran sesuai permasalahan yang Anda jelaskan. Nah, berikut cara komunikasi yang baik dengan mekanik bengkel:

    • Buat Daftar Masalah yang Dialami Mobil

    Tidak semua orang memiliki ingatan yang baik dalam jangka panjang. Untuk itu, Anda bisa mencatat permasalahan yang dirasakan selama berkendara dalam satu notes. Kemudian, berikan catatan tersebut kepada mekanik bengkel. 

    Catatan tersebut akan memudahkan mekanik dalam melakukan pengecekan dan mencari sumber kerusakan pada mobil. 

    Dalam mencatat permasalahan, tidak perlu sedetail mungkin dengan bahasa teknik, tapi cukup buat sesederhana mungkin. 

    Misal, Anda merasakan jika AC tidak lagi dingin ketika dinyalakan, segera catat sesuai kondisi. Ketika mulai muncul bunyi aneh, segera catat dari mana bunyi tersebut terdengar. 

    • Bicara Secara Langsung dengan Mekanik

    Untuk mengurangi kesalahpahaman dalam menyampaikan permasalahan yang mobil Anda alami, bicarakan langsung dengan mekanik bengkel. Semakin sedikit jumlah perantara, semakin kecil pula peluang kesalahpahaman dapat terjadi. 

    Cara tersebut akan efektif bila Anda sudah mempunyai bengkel langganan dan melakukan booking terlebih dahulu. Terlebih ketika sudah memiliki mekanik andalan, pasti bicara secara one on one akan lebih mudah dilakukan. 

    • Sampaikan Apa yang Anda inginkan

    Agar Anda dan mekanik bengkel mempunyai pemahaman sama, pastikan untuk memberi tahu apa saja yang Anda harapkan dan pikirkan. 

    Hindari untuk berasumsi sendiri. Misal, Anda datang ke bengkel dan hanya meminta untuk mengganti oli, maka jangan beranggapan untuk mereka melakukan pengecekan di bagian mesin maupun pintu yang rusak. 

    Bila Anda tidak mengatakan bagian mana saja yang perlu diperbaiki, mekanik juga tidak akan mengecek dan memperbaikinya. Jadi, sampaikan secara jelas dan jangan berasumsi sendiri. Itu adalah dasar penting dari tips komunikasi yang efektif dengan mekanik. 

     

    efektif komunikasi dengan mekanik

    Freepik.com

    • Tunjukkan, Jangan Hanya Berkata

    Bila Anda mengalami kesulitan dalam mengkomunikasikan permasalahan yang dialami mobil selama berkendara dan tidak sempat untuk membuat catatan, maka langsung tunjukkan ke mekanik bengkel. 

    Jika diperlukan, ajak mekanik untuk mencoba berkendara di jalan raya bersama dan merasakan sendiri permasalahannya dari sisi bau, suara, atau bahkan sensasinya. 

    Dengan begitu, mekanik pun akan mudah mendiagnosis permasalahan dan sumber penyebabnya. Penanganan bisa dilakukan dengan cepat tanpa ada kesalahpahaman. 

    • Bersikaplah Sopan dan Ramah

    Tips komunikasi terakhir, adalah bersikap sopan serta ramah dengan mekanik bengkel. Mereka juga manusia yang layak untuk dihargai. Terlebih, mereka yang akan bertanggung jawab untuk memperbaiki kendaraan Anda. 

    Oleh karena itu, jangan lampiaskan amarah pada mekanik apabila Anda merasa tidak puas atau masih menemukan permasalahan pada kendaraan. Sampaikan dengan sopan dan kalimat yang tertata agar tidak menyakiti mekanik.