Berita

    Tips Fotografi Otomotif agar Hasil Foto Anda Lebih Keren

    Fotografi otomotif menjadi sebuah hobi yang sangat menyenangkan bagi sebagian orang. Jika Anda baru mulai menekuni hobi ini, Anda bisa menerapkan beberapa tips fotografi otomotif agar hasilnya jauh lebih keren. 

    Selain bisa dipakai untuk mengisi waktu luang, hobi ini juga bisa menghasilkan keuntungan. Anda bahkan bisa mengubah hobi ini sebagai sumber penghasilan yang potensial di masa depan. 

    Tips Fotografi Otomotif

    Dunia fotografi memang memiliki spesialisasi yang cukup beragam berdasarkan objeknya. Salah satunya adalah fotografi otomotif yang menggunakan mobil dan kendaraan lain sebagai objek foto. 

    Tentu dibutuhkan trik khusus agar hasil foto yang Anda dapatkan bisa lebih optimal. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda terapkan saat menekuni fotografi otomotif demi mendapat hasil terbaik dan memuaskan:

    • Tentukan Lokasi Pemotretan

    Tips pertama adalah tentukan lokasi pemotretan yang menurut Anda paling bagus dan memberi latar yang optimal. Dalam hal ini Anda mungkin harus melakukan survei terlebih dahulu agar bisa menemukan lokasi foto terbaik. 

    pencahayaan pada foto grand vitara

    Sebenarnya fotografi otomotif bisa dilakukan secara indoor maupun outdoor. Tinggal menyesuaikan saja dengan tema fotografi yang ingin diperoleh. Pastikan lokasinya mendukung dan cocok dengan tipe mobil yang akan difoto. 

    • Atur Pencahayaan secara Optimal

    Selanjutnya Anda bisa mengatur pencahayaan secara optimal. Faktor pencahayaan memang memberi pengaruh besar pada hasil akhir fotografi. Oleh sebab itu aturlah pencahayaan sebaik mungkin sesuai lokasi foto. 

    Jika Anda mengambil foto di lokasi outdoor maka ambillah foto di waktu yang tepat saat cahaya alami cukup optimal. 

    Namun jika Anda mengambil foto di studio indoor maka aturlah jumlah dan intensitas cahaya sesuai kebutuhan. 

    • Ambil Foto dari Angle Atas

    Banyak fotografer otomotif yang mengambil gambar kendaraan dari bagian depan, samping, dan belakang. 

    Cobalah untuk mengambil angle lain yaitu dari bagian atas. Ini mungkin akan memberi pemandangan yang berbeda dan lebih estetik. 

    Foto kendaraan dari bagian atas bisa menunjukkan bagian mobil yang jarang dilihat oleh orang-orang. Ini bisa memberi sudut pandang lain yang akan memberi nilai keunikan tersendiri pada hasil foto Anda. 

    • Jelajahi Bagian Interior Mobil

    Tips fotografi otomotif berikutnya yang bisa Anda terapkan adalah jelajahi bagian interior dari mobil tersebut. 

    Jangan hanya fokus pada bagian eksteriornya namun foto juga bagian interior mobil untuk memberikan sudut pandang berbeda. 

    • Tonjolkan Bagian Terbaik Mobil

    Sebelum mulai mengambil foto, cobalah untuk mengamati mobil secara detail. Dari sini Anda bisa menentukan mana bagian terbaik mobil tersebut. Cobalah untuk mengambil foto dari bagian terbaik tadi agar lebih menarik perhatian. 

    • Cobalah Mengambil Foto saat Mobil Melaju

    Foto mobil dalam kondisi diam mungkin sudah terkesan biasa. Anda bisa mengeksplorasi kemampuan fotografi dengan mengambil foto saat mobil melaju. Dalam hal ini Anda perlu banyak berlatih dan meningkatkan skill

    Cobalah untuk memakai jenis kamera profesional yang bisa menangkap foto objek bergerak secara optimal. 

    Selain itu Anda bisa pelajari dulu bagaimana setting kamera yang tepat agar bisa mengambil foto mobil melaju dengan jelas. 

    • Lakukan Editing

    Jangan lupa hasil foto juga perlu diedit terlebih dahulu agar hasilnya benar-benar memuaskan. Cobalah untuk melakukan editing dengan tepat dan tambahkan filter jika perlu agar hasilnya bisa menarik perhatian banyak orang.