Berita

    Featured Image

    Wajib Tahu! Ini Cara Membersihkan Noda Lumpur di Mobil

    Mengetahui cara membersihkan noda lumpur di mobil penting untuk menjaga kebersihan dan kualitas komponen mobil. Terutama area eksterior mobil yang paling rentan terkena lumpur secara langsung. Khususnya bagi Anda yang senang berpetualang dengan mobil off-road.

    Bila tidak memahami cara membersihkan lumpur yang tepat, maka mobil berisiko rusak akibat lumpur tersebut. Ini mengingat sifat lumpur yang dapat memicu karat pada komponen mobil. Oleh sebab itu, hindari biaya perbaikan yang tinggi dengan menyimak panduan membersihkan lumpur di mobil berikut ini:

    5 Cara Membersihkan Noda Lumpur di Mobil

    Jika  Anda ingin mobil masih berfungsi dengan baik dan dalam kondisi yang prima meski sudah bertahun-tahun, bersihkan noda lumpur yang menempel melalui cara-cara di bawah ini:

    • Awali dengan Membilas Mobil 

    Anda bisa mengawali proses pembersihan dengan membilas mobil menggunakan air bersih. Ini akan membantu kotoran lumpur yang menempel lepas dari eksterior mobil. 

    Permukaan eksterior pun lebih siap untuk melakukan pembersihan tahap selanjutnya. Kotoran yang besar dan menempel pada eksterior mobil akan lebih mudah lepas dengan pembilasan. Proses pembersihan pun lebih efisien dan cepat.   

    • Mengaplikasikan Degreaser

    Cara membersihkan noda lumpur di mobil selanjutnya adalah dengan mengaplikasikan degreaser. Bahan ini merupakan larutan kimia untuk membersihkan grease atau gemuk.  

    Aplikasi degreaser menargetkan area dengan penumpukan minyak dan kotoran pada mobil. Bagian seperti suspensi serta undercarriage dapat Anda semprotkan degreaser berkualitas. 

    Lalu, diamkan untuk beberapa menit agar minyak dan kotoran yang berasal dari lumpur dapat terurai dengan maksimal. Bila telah terurai, maka membersihkannya pun jadi lebih mudah. Penumpukan minyak dan kotoran dapat Anda hindari sehingga terlindungi dari kerusakan jangka panjang. 

    • Bersihkan Roda dengan Cairan dan Sikat Khusus

    Bagian roda serta ban perlu Anda beri perhatian ekstra ketika proses pembersihan dari lumpur. Ini mengingat komponen roda dan ban yang bekerja paling keras dalam menerjang jalanan penuh lumpur.

    Anda dapat memulai pembersihan roda menggunakan cairan pembersih khusus yang mampu membersihkan noda lumpur menumpuk. Ini membuat proses pembersihan jadi lebih efisien. 

    Bersihkan Roda dengan Cairan dan Sikat Khusus

    Sementara itu, Anda juga bisa menggunakan sikat dengan bulu yang kaku untuk menggosok ban mobil off-road. Lumpur dan kotoran yang menempel pun dapat hilang dengan optimal.

    Ingat untuk membersihkan menyeluruh ke semua sudut serta celah. Jadi, bagian ban bersih tanpa ada noda lumpur menempel lagi. 

    Kemudian, gunakan sikat dengan bulu yang lembut untuk membersihkan velg/pelek. Meski lembut, pastikan kemampuan membersihkannya maksimal. Sikat celah-celah velg yang sempit agar tampilannya kembali berkilau.

    • Gunakan Snow Foam 

    Snow foam jadi tips membersihkan noda lumpur pada mobil yang bisa Anda terapkan. Pastikan Anda mengaplikasikan snow foam secara merata agar setiap inci mobil tertutup. Pengaplikasian dapat Anda mulai dari atas, bawah, lalu seluruh permukaan eksterior mobil.

    Jangan lupakan roda serta undercarriage saat menyemprotkan snow foam. Lalu, diamkan hingga 5 menit agar busa bisa menembus kotoran pada lumpur. Ini akan memudahkan pembilasan di akhir. 

    • Selesaikan dengan Pembilasan Terakhir

    Jika sudah sampai 5 menit, selesaikan dengan pembilasan menggunakan air bersih. Pastikan Anda memasuki seluruh area kecil, misalnya di bawah spakbor serta area gagang pintu. Ini untuk menjamin sabun dan kotoran terbasuh dengan sempurna. 

    Periksa kembali seluruh area eksterior mobil untuk memastikan tidak ada lagi busa yang tersisa.