Berita

    Cara Memasang Mur Roda Mobil yang Aman

    Roda mobil merupakan salah satu bagian paling penting untuk diperhatikan agar perjalanan terasa nyaman. Maka dari itu, penting untuk mengetahui cara memasang mur roda mobil yang aman.

    Ketika Anda sedang dalam perjalanan, mungkin pernah mengalami kondisi seperti harus mengganti mur roda mobil yang baru. Namun, pemasangan mur roda yang asal-asalan bisa menjadi fatal sehingga harus Anda ketahui bagaimana cara memasangnya dengan aman.

    Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Penerapan Cara Memasang Mur Roda Mobil

    Sebelum memasang mur roda mobil yang baru, pastikan Anda melakukan beberapa langkah ini agar ban tetap berfungsi dengan baik dan aman. Apa saja itu?

    • Semprotkan dengan Cairan

    Langkah ini dilakukan apabila Anda hendak melepas baut sebelum menggantinya dengan mur yang baru. Pada tahap ini, Anda disarankan untuk menyemprotkan cairan penetran di sekitar area tersebut.

    Mengapa hal ini perlu dilakukan? Karena cairan akan membantu menghilangkan karat serta debu halus di antara mur dan baut. Dengan menyemprotkan cairan penetran, ini akan memudahkan proses pelepasan sehingga pemasangan lebih cepat.

    • Pakai Kunci Torsi 

    Saat hendak memasang baut dan mur pada roda mobil, lebih baik gunakan kunci torsi agar proses pemutaran tidak terjadi hambatan. Pilih lah alat yang kuat namun tetap bisa mengontrol agar baut dan mur tidak memutar secara berlebihan.

    Anda hanya perlu mengencangkan sampai mur tidak berputar lanjut. Selain itu, hindari memutar mur terlalu keras karena bisa membuat baut mudah rusak.

    • Pasang Mur Menyilang

    Cara memasang mur roda mobil disarankan untuk menyilang dan tidak berurutan. Hal ini dikarenakan apabila dikencangkan secara berurutan justru dapat membuat daya ikat tidak merata.

    Jika mur roda tidak dipasang secara menyilang, ini bisa menyebabkan pelek tidak terpasang dengan benar. Akibatnya, ban akan menjadi goyang terutama pada saat berkendaraan dengan kecepatan tinggi.

    • Rotasi Ban

    Hal yang penting untuk dilakukan juga adalah dengan melakukan rotasi ban secara rutin. Setidaknya Anda perlu rotasi ban setiap penggunaan mobil dengan jarak 10.000 km atau 6 bulan sekali.

    Melakukan rotasi ban akan membantu mencegah mur dan baut menjadi macet ketika dilepas. Dengan melakukan rotasi ban secara berkala, proses memasang mur baru juga akan lebih mudah.

    • Bersihkan Komponen Ban

    Segala jenis komponen ban pada mobil, mulai dari mur, baut, hingga lubang baut, maka harus dibersihkan sebelum menggantikannya dengan mur baru. Hal ini untuk menghindari penumpukan kotoran yang bisa menyebabkan karat.

    Selain membersihkan komponennya, Anda juga bisa melumasi baut dan mur dengan grease agar baut mudah dibuka. Pastikan penggunaan grease ini tidak dilakukan secara berlebihan agar tidak menimbulkan penumpukan kotoran.

    Cara Memasang Mur pada roda Mobil

    cara memasang mur roda mobilPexels.com

    Cara memasang mur pada roda mobil tentunya sangat mudah, asal harus dilakukan dengan cara yang tepat. Untuk langkah-langkahnya bisa Anda praktekkan melalui penjelasan berikut ini: 

    • Lepaskan Penutup Baut

    Langkah pertama, lepaskan bagian dop atau penutup pada baut roda mobil dengan mengandalkan alat penjepit. Alat ini bisa Anda dapatkan di dalam toolbox dengan ciri-ciri warna kuning.

    • Gunakan Kunci Roda

    Setelah melepaskan penutup baut, Anda bisa menggunakan kunci roda untuk memasang bautnya. Gunakan ukuran yang sesuai misalnya ukuran 17 atau 19 sesuai dengan bentuk bautnya.

    • Putar Pengunci

    Langkah memasang baut roda, bisa dilakukan dengan memutar bagian peranti pengunci dengan tangan. Cara ini dilakukan agar alur ulir pada rumah rodah sudah berada di posisi yang tepat.

    Penyebab Mur Roda Mobil Rusak

    Ketika Anda kesulitan dalam mempraktekkan cara memasang mur roda mobil, ini bisa diakibatkan karena kondisi mur yang rusak. Adapun kerusakan pada bagian mur roda ini juga mempunyai penyebabnya.

    • Pemasangan Tidak Tepat

    Pemasangan baut yang asal-asalan bisa menyebabkan kerusakan pada bagian mur roda mobil. Maka dari itu, penting untuk mematuhi cara memasang mur roda mobil dengan aman.

    Kesalahan ini seringkali terjadi akibat pemasangan baut yang terlalu longgar sehingga menyebabkan mur dan baut lepas. Selain itu, pemasangan yang terlalu keras juga bisa mengakibatkan dol atau rusak.

    • Penggunaan Pelek Modifikasi

    Penyebab kerusakan pada mur roda juga bisa dikarenakan penggunaan pelek yang dimodifikasi. Hal ini bisa saja membuat ukuran dudukannya tidak sesuai dengan ukuran standar yang semestinya.

    Biasanya, ini membuat proses pemasangannya harus memaksa karena ukurannya yang kekecilan. Kesalahan dalam penggunaan pelek bisa berakibat fatal pada bagian roda mobil.

    • Adanya Bagian yang Karat

    Ulir mur yang aus atau berkarat seringkali menjadi masalah yang menyebabkan pemasangan mur baru sulit dilakukan. Hal ini bisa saja terjadi apabila Anda jarang mengecek kondisi ulir mur roda mobil secara berkala.

    Ulir yang berkarat biasanya akan membuat mur menjadi macet dan sulit dilepas. Akibatnya saat ingin melepaskan mur harus dilakukan secara paksa yang membuat mur dan baut rusak.

    Tips Mengganti Mur Roda Mobil

    mengecek dan memasang mur mobil

    Untuk menghindari kerusakan pada komponen ini, maka penting untuk mengetahui tips agar cara memasang mur roda mobil tetap aman. Berikut poin-poin yang harus Anda perhatikan!

    • Tetap Berhati-Hati

    Saat memasang roda, pastikan roda sudah terpasang dengan kondisi yang tepat dan tidak miring. Hal ini sangat krusial sehingga Anda perlu melakukannya secara hati-hati saat memasang semua baut pada roda mobil.

    Perlu diingat untuk tidak langsung mengencangkan baut saat sudah merasa mentok, sehingga Anda perlu memutar baut secara perlahan hingga putarannya mulai terasa berat. Jika cara ini sudah diterapkan ke semua baut roda, baru Anda bisa mengencangkan hingga maksimal.

    Perhatikan juga untuk hati-hati dalam mengencangkan baut roda dengan cara disilang. Hal ini sangat membantu untuk mencegah baut rusak serta tekanan baut dapat terdistribusi secara merata.

    • Tidak Kasar

    Saat melepas atau memasang mur roda, hindari perlakuan kasar seperti menginjak atau menghentakkan bagian kunci roda. Hal ini sangat beresiko pada kerusakan baut roda yang bisa membuatnya patah.

    Maka dari itu, Anda harus sabar dan melakukannya secara perlahan saat memutar baut roda. Pemasangan yang kasar justru bisa mengakibatkan masalah yang lebih fatal, bukan?

    • Perhatikan Kualitas Baut

    Tips terakhir, disarankan untuk melakukan pengecekan di bengkel untuk memastikan baut roda terpasang dengan benar. Selain itu, hindari juga penggunaan mur roda aftermarket secara sembarangan.

    Dalam hal ini, Anda juga perlu memperhatikan kualitas baut yang akan digunakan. Jika kualitasnya abal-abal, ini bisa berpotensi terhadap kerusakan pada roda mobil Anda.

    Memperhatikan cara memasang mur roda mobil sangat penting untuk memastikan kendaraan Anda aman. Jika Anda khawatir pada pemasangan mur roda mobil Anda, datangi saja bengkel terdekat untuk memastikan keseluruhan komponen kendaraan Anda.