Berita

    Featured Image

    Cara Mengecek Sparepart yang Tidak Ori Pada Mobil Bekas

    Apakah Anda berencana untuk membeli mobil bekas? Jika iya, jangan lewatkan untuk memeriksa keaslian sparepart mobil yang ingin dibeli. Mengapa demikian? 

    Saat ini, banyak oknum penjual mobil kerap kali mengganti suku cadang sparepart asli dengan yang palsu demi keuntungan semata. Alhasil, Anda bisa mengalami kerugian. Komponen mobil palsu tentu bisa berdampak pada kenyaman dan keamanan berkendara. 

    Maka dari itu, memeriksa apakah sparepart ori atau tidak, menjadi langkah esensial sebelum Anda benar-benar memutuskan untuk membeli mobil bekas. Lantas, bagaimana cara mengeceknya? Simak caranya berikut ini! 

    Begini Cara Mengecek Keaslian Sparepart Mobil Bekas

    Jangan khawatir, untuk memeriksa keaslian sparepart kendaraan ternyata tidaklah terlalu rumit dan sulit. Anda bisa melakukan beberapa hal berikut: 

    • Tanyakan Garansi Sparepart

    Pertama, Anda bisa menanyakan langsung kepada pemilik mobil tentang garansi sparepart. Biasanya, suku cadang komponen mobil yang asli memiliki garansi resmi dari produsen. Garansi ini biasanya berdurasi cukup panjang hingga dua tahun. 

    Sedangkan, suku cadang palsu umumnya hanya memiliki garansi dari toko saja. Hal ini tentu akan berbeda dari segi kualitas maupun kredibilitas. Bahkan, untuk beberapa kasus, sparepart palsu tidak memiliki garansi.

    Maka dari itu, tanyakan betul kepada pemilik apakah beberapa komponen penting mobil telah bergaransi atau tidak.  

    • Cek Kondisi Fisik dan Spesifikasi

    Kedua, Anda juga wajib memeriksa kondisi fisik dan spesifikasi komponen mobil bekas. Meski terkadang sparepart mobil palsu dibuat seidentik mungkin dengan yang asli, komponen ini tidak sepenuhnya rapi dan bagus seperti aslinya. 

    Selain itu, Anda juga perlu melakukan pengecekan melalui situs resmi sparepart untuk mengetahui detail spesifikasi. Jika sparepart palsu, ada kemungkinan besar spesifikasinya tidak sesuai dengan informasi yang tertera. 

    Sebagai contoh, jika menurut situs resmi komponen mobil seharusnya terbuat dari baja, namun pada kenyataannya hanya terbuat dari besi, ini menjadi indikasi bahwa produk tersebut bukan asli.

    • Periksa Nomor Seri dan Kode

    Cara memeriksa apakah sparepart mobil ori atau tidak selanjutnya adalah dengan mengecek langsung nomor seri atau kode yang tertera pada komponen tersebut. 

    Setiap komponen kendaraan umumnya memiliki kode ataupun serangkaian nomor seri tersendiri. Produk asli tentunya dilengkapi dengan kode unik dari pabriknya. 

    Anda bisa memakai kode ini untuk melakukan verifikasi apakah komponen mobil asli atau tidak yang dibandingkan dengan katalog resminya. Jika nomor seri dan kode terlihat tidak sesuai, kemungkinan besar sparepart tersebut palsu. 

    • Amati Kualitas Komponen

    Anda bisa mengamati kualitas setiap komponen mobil bekas yang ingin dibeli. Komponen dengan suku cadang asli biasanya memiliki standar tinggi dalam hal bahan dan pengerjaan. 

    Anda dapat melihat bahwa suku cadang asli terpasang dengan sangat presisi, tanpa celah yang tidak rata, dan tanpa tanda-tanda pemasangan yang sembarangan.

    Hal ini umumnya dilakukan oleh teknisi profesional yang berpengalaman, sehingga komponen-komponen tersebut akan tampak rapi dan kokoh.

    • Minta Bantuan Mekanik Profesional

    Terakhir, jika Anda masih ragu dengan cara-cara di atas, Anda bisa meminta bantuan mekanik profesional untuk melakukan pengecekan pada mobil bekas. Anda bisa mengajak mekanik untuk melihat langsung kondisi kendaraan yang dibeli. 

    Mekanik umumnya sudah pasti paham betul bagaimana kondisi komponen mobil asli dan palsu. Hal ini akan menghindarkan Anda dari kerugian membeli mobil bekas. 

    Ingatlah, membeli kendaraan bekas membutuhkan pertimbangan yang matang termasuk apakah sparepart mobil asli atau tidak. Ini yang akan menentukan daya tahan dan tingkat keamanan mobil idaman Anda.