Berita

    Cara Memilih Warna Lampu Mobil yang Tepat dan Aman

    Lampu mobil memiliki peranan penting untuk menjaga kenyamanan dan keselamatan saat berkendara. Namun, ternyata warna lampu pada mobil bisa dibedakan menjadi beberapa jenis. Masing-masing jenis warna tersebut memiliki karakteristik dan keunggulan tertentu.

    Jadi, penting untuk memilih warna lampu yang paling tepat untuk memastikan keamanan berkendara Anda. Sebab, warna yang berbeda akan menghasilkan kecerahan dan efek yang berbeda saat dinyalakan.

    Jenis-Jenis Warna Lampu Mobil

    Berdasarkan warnanya, lampu pada mobil terbagi menjadi lampu berwarna kuning dan putih. Meskipun berbeda, keduanya bisa membantu visibilitas pengendara dalam berbagai kondisi. Adapun rincian perbedaannya adalah sebagai berikut.

    • Lampu Berwarna Kuning

    Lampu berwarna kuning dikenal sebagai lampu halogen yang banyak digunakan pada mobil generasi tahun 90-an. Sesuai namanya, lampu ini menggunakan gas halogen dan pemanasan kawat untuk menghasilkan cahaya.

    Keuntungan utamanya adalah harganya yang terjangkau, sistemnya sederhana dengan operasi pada voltase 12 volt, dan cahaya yang dihasilkan memiliki spektrum warna yang lengkap. Namun, lampu jenis ini juga memiliki beberapa kelemahan.

    Dayanya relatif tinggi, sekitar 55/60 watt, sehingga lebih boros energi. Selain itu, intensitas cahayanya akan semakin redup seiring berjalannya waktu, dan usia pakainya pun tidak terlalu panjang, sekitar tiga tahun saja

    • Lampu Berwarna Putih

    Lampu berwarna putih terdiri atas 2 jenis, yaitu lampu xenon dan LED. Pada era pertengahan tahun 2000-an, lampu mobil menggunakan gas xenon dan sistem discharge dengan tegangan tinggi, bahkan bisa mencapai 20.000 volt.

    Hasilnya adalah cahaya putih yang dihasilkan dari atom xenon yang terstimulasi. Keunggulan lampu xenon putih generasi ini adalah usia pakainya yang lebih lama, mencapai 10 tahun, serta efisiensi daya yang relatif rendah, hanya sekitar 35 watt.

    Tingkat kecerahannya cenderung konstan sepanjang umur lampu, tanpa terlalu terpengaruh oleh faktor usia. Namun, harganya cukup mahal karena sistemnya terlalu kompleks. Jadi, lampu mobil warna putih yang kini banyak dipakai adalah LED.

    Sejak tahun 2005an, penggunaan lampu sudah memanfaatkan dioda untuk menghasilkan cahaya. Jenis lampu ini dikenal sebagai Light Emitting Diode (LED). LED jauh lebih tahan dibanding halogen, sekaligus lebih ekonomis dari xenon.

    Cara Memilih Warna Lampu pada Mobil yang Tepat dan Aman

    Freepik.com