Berita

    Featured Image

    Cara Mengatasi Baut Roda Tiba-Tiba Hilang di Perjalanan

    Ada banyak jenis halangan dan kejadian tak terduga yang bisa Anda jumpai ketika berkendara menggunakan mobil. Salah satunya adalah kondisi dimana baut roda hilang padahal Anda masih berada di tengah perjalanan. 

    Perlu diketahui bahwa baut roda ini memegang peran penting terhadap kelancaran Anda saat berkendara. Lalu, apa yang terjadi jika baut pada roda hilang secara tiba-tiba? Mari cari tahu apa yang bisa Anda lakukan jika mengalami kondisi tersebut. 

    Bahaya Baut Roda Hilang 

    Perlu diketahui dulu bahwa hilangnya baut pada roda sangatlah berbahaya. Itulah mengapa sangat direkomendasikan untuk memeriksa kondisi mobil secara menyeluruh sebelum berkendara. 

    Pemeriksaan ini dilakukan untuk memastikan bahwa semua komponen mobil dalam kondisi prima. Termasuk salah satunya bagian ban beserta baut-baut yang menjaga ban tetap dalam posisi sempurna. 

    Namun seringkali terjadi kesalahan atau kelalaian dari pengguna mobil. Bisa saja pengguna mobil lupa melakukan pemeriksaan dan pada akhirnya baut rida hilang secara tiba-tiba saat dipakai berkendara. 

    Kondisi ini dianggap berbahaya karena bisa membuat mobil tidak bisa melaju sempurna. Bahkan lepasnya baut roda ini bisa memperbesar peluang kecelakaan, apalagi jika Anda melaju dengan kecepatan tinggi. 

    Apa yang Harus Dilakukan? 

    Tentunya Anda harus punya solusi tepat untuk mengatasi masalah baut roda hilang di tengah perjalanan ini. Berikut ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk meminimalkan risiko saat baut roda pada mobil hilang secara tiba-tiba. 

    • Ganti Baut yang Hilang

    Tentu solusi terbaik yang bisa Anda lakukan adalah mengganti baut yang hilang. Namun ini hanya bisa dilakukan jika Anda memiliki baut cadangan dan membawanya saat berkendara. 

    Saat baut roda terlepas, secara otomatis posisi roda jadi tidak sekuat yang seharusnya. Bisa saja posisi roda semakin longgar dan hal ini akan sangat berbahaya bagi Anda karena bisa memicu kecelakaan. 

    Apabila memungkinkan, segera ganti baut yang terlepas tadi. Pastikan baut terpasang dengan kencang agar tidak terulang kejadian yang sama. 

    • Kencangkan Baut yang Tersisa

    Jika hanya ada satu baut yang terlepas, maka periksalah kondisi baut yang lain. Biasanya jika ada satu buat yang lepas maka baut-baut yang lain juga ada dalam kondisi yang longgar. 

    Kencangkan Baut yang Tersisa

    Hal ini tentu akan semakin berbahaya karena membuat mobil Anda jadi semakin tidak nyaman dan risiko kecelakaan terus meningkat. Apabila memang tidak ada baut cadangan maka segera kencangkan baut-baut lain yang masih tersisa. 

    Meskipun terlepas, mobil Anda masih bisa berjalan dengan baut roda yang masih terpasang dengan kuat. Hanya saja Anda harus tetap berhati-hati dan kalau bisa tidak berkendara dengan kecepatan yang terlalu tinggi. 

    • Mintalah Bantuan Ahli

    Kondisinya bisa berbeda jika ternyata ada lebih dari satu baut yang terlepas. Anda bisa segera meminta bantuan ahli jika hal ini terjadi. Apalagi jika ternyata kondisi baut yang lain juga sangat longgar dan Anda tidak paham apa yang harus dilakukan. 

    Meminta bantuan ahli akan jauh lebih efektif karena secara otomatis masalah Anda bisa lebih cepat selesai. Selain itu Anda harus segera menepi dan jangan memaksakan mobil untuk melaju karena bisa memicu kecelakaan.