Berita

    Cara Merawat Mobil 4WD

    Mobil 4WD, atau 4 wheel drive, merupakan tipe mobil yang diperuntukkan dalam perjalanan di atas medan yang ekstrem. Meski begitu, merawat mobil 4WD tidak jauh berbeda dengan tipe mobil lainnya. Sebab, mobil 4WD yang tidak rutin dirawat akan menurun kualitasnya dan tidak bertahan lama.

    Komponen internal pada mobil 4 wheel drive harus dirawat agar meminimalisir risiko aus, sehingga umur komponen mobil bisa lebih panjang. Adapun cara-cara perawatan mobil 4WD yang bisa Anda lakukan adalah sebagai berikut.

    Ini 5 Cara Merawat Mobil 4WD

    Layaknya mobil lain pada umumnya, Anda dapat memelihara kondisi mobil 4WD beserta mesin di dalamnya dengan rutin ganti pelumas, menggunakan komponen original, hingga berkendara dengan halus. Lebih jelasnya, simak pembahasan di bawah ini.

    • Mengganti Pelumas dengan Teratur

    Pada mobil 4 wheel drive, tidak hanya mesin serta transmisi saja yang harus diganti pelumasnya. Namun, ada transfer case serta gardan yang perlu diganti juga pelumasnya secara rutin. 

    Anda bisa mengganti pelumas gardan serta transfer case apabila mobil telah mencapai 40 ribu kilometer, atau setara dengan usia 2 sampai 3 tahun. Penggunaan pelumas pun perlu selektif agar mendapatkan yang sesuai standar keenceran atau pun viskositas pelumasnya berdasarkan rekomendasi dari pabrik.

    • Gunakan Mobil Secara Berkala

    Anda sebaiknya tidak membiarkan mobil terpendam di garasi tanpa pernah digunakan sama sekali. Upayakan agar penggerak empat roda mobil tetap aktif, dengan cara menggunakan mobil setiap satu kali seminggu. 

    Cara tersebut akan menghindari mobil terkena kerusakan dini. Berbagai komponen internal pada mobil 4 wheel drive pun akan mendapat pelumasan secara merata dan tetap terpelihara kualitasnya.

    • Wajib Membersihkan Mobil Sehabis Off-Road

    Cara merawat mobil 4WD yang satu ini dikhususkan bagi Anda yang memang hobi menjelajah ke medan-medan ekstrem dengan mobilnya, atau umum dikenal dengan istilah off-road.

    Ketika off-road, mobil pasti rentan kotor karena medan ekstrem penuh tanah basah dan lumpur. Jangan sampai menunggu lumpur dan tanah tersebut mengering dulu baru dibersihkan, namun segeralah bersihkan mobil terutama pada penggerak serta suspensi mobil.

    Selain pembersihannya lebih mudah, Anda pun senang melihat mobil sudah bersih kembali.

    • Gunakan Komponen Mobil yang Original

    Anda dapat menambah usia pakai mobil 4WD lebih panjang dengan cara ini. Sebab, komponen yang original akan membuat kerja mesin mobil lebih lancar dan tahan lama. Jadi, jangan sampai mobil 4WD Anda jadi rusak karena Anda tidak memakai komponen asli.

     

    Freepik.com

    Mendapatkan komponen original cukup mudah karena pasti tersedia di bengkel resmi merk mobil 4WD Anda, atau bengkel kendaraan yang kredibel dan terpercaya.

    • Mengendarai Mobil dengan Halus

    Satu lagi cara merawat mobil 4 wheel drive adalah dengan mengendarainya secara halus. Tujuannya adalah agar komponen mobil tidak menanggung beban kerja yang terlalu berat.

    Apabila Anda rajin mengendarai mobil secara agresif, maka risiko komponen mobil cepat aus pun lebih tinggi. 

    Salah satu contoh komponen pada mobil yang akan cepat aus jika Anda berkendara secara agresif adalah drive shaft atau as kopel. Komponen tersebut usia sambungannya akan cepat menjadi aus dan memiliki lebar yang tidak biasa. Jadi, kendarailah mobil dengan halus.