Berita

    Cari Tahu Jenis Lampu Indikator speedometer Pada Mobil

    Setiap mobil pasti memiliki lampu indikator di bagian speedometer. Disini Anda bisa menemukan berbagai jenis informasi penting terkait dengan kondisi mobil Anda. Apa saja jenis lampu indikator speedometer mobil dan apa fungsinya? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

    Lampu indikator yang ini berada di dashboard mobil ini mampu memberikan informasi dan sebagai petunjuk bahwa terjadi masalah pada mobil Anda. Jadi, bisa dikatakan bahwa lampu indikator ini adalah pengingat.

    Jenis Lampu Indikator speedometer Mobil

    Apa saja jenis lampu indikator speedometer mobil yang ada? Simak jenis dan fungsinya berikut ini.

            1. Indikator Oli Mobil

    Lampu indikator untuk tekanan oli berfungsi untuk mengetahui kapan saatnya harus mengganti oli supaya performa kendaraan tetap bagus. Jangan sampai terlambat untuk mengganti oli ini. Anda hanya tinggal memantau lewat indikator pada speedometer.

            2. Indikator BBM

    Ini merupakan lampu indikator yang paling sering dilirik oleh pengendara mobil. Selalu perhatikan lampu indikator BBM ini untuk mengetahui seberapa banyak BBM yang ada di tangki mobil, sehingga jangan sampai mogok karena kehabisan BBM.

            3. Indikator Temperatur

    Bagaimana tanda mesin overheat? Tenang, ini juga ada di indikator speedometer mobil. Lampu ini akan menyala secara otomatis saat suhu mesin mobil meningkat dan terlalu panas. Ketika lampu ini menyala, diharapkan pengemudi menurunkan suhu terlebih dahulu.

            4. Indikator Check Engine

    Apa artinya bila lampu indikator check engine menyala? Ini berarti ada masalah yang terjadi pada komponen mobil, dan ini biasanya ada di mesin dalam. Salah satu contoh kasus adalah komponen mesin rusak atau penutup bensin yang kurang rapat.

            5. Indikator Tekanan Ban

    Anda juga bisa mengetahui tentang tekanan ban dari indikator di speedometer ini. Ketika lampu ini menyala, itu berarti ada masalah di tekanan ban, misalnya kurang tekanan. Jangan abaikan masalah ini dan segera tangani.

            6. Indikator Pengisian Aki

    Ketika Anda melihat simbol tanda plus minus dalam kotak, itu artinya ada masalah dalam pengisian aki atau kabel mobil. Ketika ini terjadi, Anda harus coba cek sistem listrik yang ada pada mobil. Biasanya ini akan berakibat mobil tidak bisa dinyalakan. Ketika kondisi ini terjadi, langsung pergilah ke tempat servis.