Berita

    Cara Merawat Pintu dan Bagasi Mobil SUV

    Perawatan pintu mobil SUV tentu sangat penting dilakukan secara berkala untuk menghindari kerusakan. Tidak hanya pintu saja, bagian bagasi mobil juga perlu diperhatikan agar tetap bisa berfungsi dengan optimal.

    Teknis merawat pintu mobil jenis SUV tentu harus dilakukan dengan langkah dan prosedur yang tepat. Hal ini dilakukan agar keamanan dan kenyamanan mobil tetap terjaga saat kendaraan digunakan.

    Cara Merawat Pintu Mobil SUV beserta Bagasinya

    Pada artikel berikut, terdapat beberapa langkah bagaimana cara merawat pintu mobil dan bagasi pada mobil SUV dengan benar. Apa saja itu? Intip penjelasan selengkapnya di bawah ini!

    • Bersihkan Kotoran secara Berkala

    Salah satu part yang sering bermasalah pada bagian bagasi tau pintu mobil SUV adalah engsel. Pada bagian ini sering kali dipenuhi dengan tumpukan kotoran yang menyebabkan mobil tersebut sulit digunakan. 

    Maka dari itu, pastikan selalu membersihkan secara berkala dengan membersihkan kotoran atau debu yang menempel di sekitar area tersebut. Bersihkan dengan menggunakan cairan khusus sehingga gerakan engsel tetap lancar.

    • Lakukan Pelumasan

    Selain membersihkan kotoran, penting juga untuk melumasi bagian mekanisme pengunci pada pintu dan bagasi mobil. Langkah ini perlu dilakukan secara rutin untuk memastikan sistem mekanisme pada pintu bagasi mobil dapat bergerak dengan lancar.

    Cara melakukan pelumasan sama seperti langkah membersihkan kotoran engsel seperti sebelumnya. 

    Anda bisa menyemprotkan cairan penetran untuk merontokkan oksidasi pada bagian pengunci pintu dan bagasi, lalu setelah itu semprotkan grease cair hingga terlumasi secara merata.

    • Jaga Kebersihan Bagasi

    Merawat komponen mobil tentunya harus dilakukan dengan menjaga kebersihan setiap saat. Salah satu cara yang tepat adalah dengan membersihkannya menggunakan vacuum cleaner setelah kendaraan digunakan. 

    Menjaga Kebersihan Bagasi MobilFreepik.com

    Hindari membersihkan ketika kotoran sudah menumpuk karena bisa mempercepat kerusakan pada komponen mobil tersebut.

    • Tutup Pintu Perlahan

    Kerusakan pada bagian pintu ataupun bagasi mobil seringkali terjadi karena terlalu kasar saat menutupnya. Akibatnya, pintu akan sulit tertutup dengan rapat dan membuat sistem penguncian pada mobil tidak bekerja dengan optimal.

    Maka dari itu, ketika hendak menutup pintu atau bagasi mobil harus dilakukan secara perlahan. Ini merupakan hal sederhana untuk merawat mobil Anda agar tidak mudah rusak akibat penggunaan yang kasar.

    • Hindari Membawa Beban Berlebihan

    Setiap mobil dilengkapi dengan bagasi untuk memuat bawaan barang Anda selama di perjalanan. Tentunya berbagai tipe mobil SUV ini memiliki jumlah kapasitas beban maksimal yang berbeda-beda. 

    Hal ini perlu Anda ketahui agar bisa memanfaatkan ruang bagasi mobil sesuai dengan kebutuhan. Hindari membawa terlalu banyak barang ke bagasi Anda dengan kapasitas melebihi batas yang ditentukan.

    • Cek ke Bengkel

    Untuk memastikan seluruh komponen bagasi dan pintu mobil SUV berfungsi dengan baik tentunya perlu melakukan pengecekan secara berkala. 

    Anda bisa melakukan pengecekan ke bengkel terpercaya untuk memastikan mobil berfungsi dengan optimal.

    Dengan melakukan pengecekan secara rutin, maka akan lebih mudah untuk mendeteksi kerusakan pada mobil Anda. Ini juga akan memudahkan untuk melakukan perbaikan sebelum terjadinya kerusakan lebih fatal.

    Itu dia beberapa tips cara merawat pintu mobil SUV agar terhindar dari kerusakan yang fatal. Hal ini perlu Anda cermati sehingga fungsi pintu maupun bagasi pada mobil tetap berfungsi dengan optimal dan membuat nyaman serta aman saat berkendara.