Berita

    Simak Tips Menjaga Ban Radial pada Kendaraan Niaga Agar Awet

    Tahukah Anda bahwa pemasangan ban pada kendaraan niaga memiliki ketentuan tertentu, lho. Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah dengan menjaga ban radial yang terpasang. Mengingat bahwa kendaraan ini biasa digunakan sebagai kendaraan operasional.

    Berdasarkan konstruksinya, ban terbagi menjadi dua jenis yaitu bias dan radial. Keduanya memiliki perbedaan pada strukturnya. Untuk struktur ban bias terdiri dari lapisan nilon yang menyilang. Sedangkan struktur ban radial sejajar kiri ke kanan yang terdiri dari lapisan baja.

    Keduanya juga memiliki kelebihannya masing-masing. Namun, kali ini kita akan membahas seputar ban radial terlebih dahulu. Yuk simak penjelasan lebih lanjut berikut ini!

    5 Tips Menjaga Ban Radial Agar Awet pada Kendaraan Niaga

    Ban radial yang digunakan pada kendaraan niaga memiliki usia pakai yang awet lama sehingga perusahaan dapat menekan biaya operasional untuk kepentingan bisnisnya. Untuk merawat ban radial pada kendaraan niaga, ikuti tips berikut ini.

            1. Berkendara dengan Baik

    Tips paling pertama ini harus dilakukan setiap pengendara kendaraan apapun. Salah satu kebiasaan yang harus diterapkan adalah tidak melakukan penambahan dan pengurangan kecepatan secara tiba-tiba.

    Hal ini dapat membuat rem tromol mengalami panas yang berlebihan. Jika panas ini terjadi, area bead pada ban akan mudah mengalami kerusakan.

            2. Tidak Melebihi Kapasitas Beban

    Selanjutnya adalah membawa beban tidak melebihi kapasitas maksimumnya. Seperti yang kita ketahui bahwa setiap kendaraan memiliki standar ketentuan yang harus dipatuhi oleh penggunanya seperti dimensi, beban maksimal dan juga indeks ban yang telah ditetapkan.

    Biasanya terdapat kode numerik yang menandakan kapabilitas ban untuk mengangkat suatu beban. Hal ini juga berkaitan dengan kecepatan dan tekanan angin yang akan dibahas pada poin berikut ini.

            3. Memperhatikan Kecepatan pada Indikator

    Untuk batas maksimal kecepatan kendaraan juga sudah ditentukan melalui kode yang tersematkan untuk menjaga ban radial. Kode ini sudah disesuaikan dengan ketentuan khusus industri sehingga aman untuk kendaraan niaga.

    Misalnya, terdapat kode 146J, maka Anda dapat membaca kode J sebagai kecepatan ban yang mencapai batas maksimal 100 km/jam.

    Ban akan mengalami panas berlebih jika melebihi batas kecepatan maksimal dan perlahan-lahan akan merusak ban tersebut. Cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan menjaga kestabilan kecepatan selama berkendara.