Berita

    Ini Alasan Pentingnya Membaca Buku Manual Kendaraan

    Buku manual merupakan salah satu perlengkapan yang diberikan pabrikan setiap kali membeli kendaraan. Sayangnya, tidak semua pemilik kendaraan mau membaca dengan cermat isi buku panduan tersebut.

    Berbagai alasan dikemukakan, mulai dari bukunya yang terlihat tebal hingga isinya yang sebagian besar berupa tulisan sehingga malas untuk membacanya.

    Padahal, di dalamnya banyak sekali informasi penting seputar kendaraan yang perlu dipahami. Apa saja? Yuk, simak informasi apa saja yang tersedia di manual book kendaraan. 

    Informasi Penting yang Bisa Ditemukan di Buku Manual Kendaraan

    Banyak hal bisa dipelajari yang berhubungan dengan seluk beluk kendaraan melalui manual book. Mulai dari fitur dan teknologi yang disematkan pada kendaraan, hingga aturan penggunaan, dan cara perawatan serta perbaikan yang dianjurkan. 

    Dengan kata lain, Anda bisa mengatasi masalah yang terjadi pada kendaraan tanpa perlu panik atau selalu bergantung pada bantuan mekanik. Dilansir dari berbagai sumber, berikut berbagai informasi yang ada pada manual book kendaraan

    • Jenis Bahan Bakar dan Kapasitas Tangki Kendaraan

    Hal pertama yang wajib Anda ketahui adalah jenis bahan bakar yang disarankan oleh pabrikan dan kapasitas tangki. 

    Kedua hal tersebut penting untuk dipahami demi menjaga kinerja mesin tetap optimal, menghindari kesalahan pengisian bahan bakar yang bisa berakibat fatal, serta tidak tumpah saat melakukan pengisian. 

    Untuk mengetahuinya, Anda bisa mencari informasi tersebut di manual book kendaraan pada bagian teknik sub rekomendasi bahan bakar.

    • Fitur Pendukung

    Informasi penting berikutnya yang bisa ditemukan di buku panduan kendaraan adalah berbagai fitur pendukung dan keunggulan mobil. 

    Misalnya saja fitur keselamatan yang terdiri dari Blind Spot Monitoring (BSM), Vehicle Stability Assist (VSA), dan Traction Control System (TCS). Sedangkan pada fitur keselamatan terdapat fasilitas kunci dengan fitur immobilizer

    Namun, semua fitur dan keunggulan tersebut tidak akan terasa manfaatnya apabila Anda tidak mengetahui bagaimana cara menggunakan, kapan, dan dalam kondisi seperti apa baru bisa digunakan. 

    • Volume dan Jenis Pelumas Mesin

    Selain bahan bakar, pelumas atau oli mesin merupakan cairan yang memiliki peranan penting pada mobil. Pada buku manual berisi informasi lengkap mengenai jenis, jumlah, dan tingkat kekentalan oli yang cocok untuk mobil yang Anda miliki.