Berita

    Jangan Salah Pilih dalam Memilih Warna Velg Mobil

    Memiliki mobil yang keren sesuai impian adalah keinginan semua orang. Maka, modifikasi menjadi pilihan. Namun, agar tidak perlu mengeluarkan banyak biaya dan mengurus STNK, Anda bisa mengganti hanya di bagian velg mobil. 

    Kendati demikian, tetap harus hati-hati dan memperhatikan warna yang akan dipilih. Salah-salah, bukannya menjadi cantik atau keren, mobil justru terlihat norak dan tidak sedap dipandang lagi. Untuk itu, dalam mengganti warna velg, sebaiknya Anda mempertimbangkan warna bodi mobil. 

    Bahkan, tidak jarang hanya dengan mengubah warna velg bisa terlihat lebih mewah dari mobil bawaan pabrik lainnya. 

    Cara Memilih Velg Mobil yang Tepat 

    Nah, agar Anda tidak salah dalam melakukan penggantian warna velg pada kendaraan kesayangan, ada baiknya untuk mengikuti tips ini. 

    1. Sesuaikan Warna dengan Bodi Mobil

    Ada banyak pilihan warna di pasaran untuk velg kendaraan roda empat. Berbagai tipe mulai dari keluaran lama hingga modern, tersedia. Anda dapat memilih sesuai dengan desain dan warna yang diinginkan. 

    Namun, satu hal yang perlu diperhatikan ketika hendak mengganti velg pada mobil. Pastikan, untuk mencari warna-warna yang serasi dengan bodi mobil. Jangan sampai, bodi warna hitam, tetapi memilih warna velg mencolok. Kesan klasik dari mobil pun dapat hilang. 

            2. Ketahui dengan Baik Beban Maksimum Velg

    Setiap tipe velg mempunyai beban maksimum yang berbeda-beda. Untuk itu, Anda perlu menyesuaikan antara beban maksimal yang bisa diterima kendaraan dengan batas maksimal dari beban yang bisa ditanggung velg. 

    Salah dalam memperhitungkan ini, kenyamanan dan keselamatan dalam berkendara bisa menjadi korban. Untuk itu, sebaiknya sebelum membeli, Anda berkonsultasi dengan montir ahli terlebih dahulu. 

            3. Pastikan Mengetahui Detail Spesifikasi Velg

    Pitch Centre Diameter (PCD) tiap velg tentunya berbeda-beda. Begitu pun dengan jarak antara bagian tengah dengan tempat dudukan pada velg, akan berbeda tiap variannya. Anda perlu membaca informasi detail spesifikasi ini sebelum membeli. 

    Jika salah dalam memperhitungkan spesifikasi offset dan PCD, kestabilan ban mobil dapat terganggu. Kegesitan rem pun dapat berpengaruh. Keselamatan juga akan dipertaruhkan selama berkendara. 

            4. Perhatikan Model Velg yang Akan Dibeli

    Keanggunan sebuah mobil tidak bisa dilepas dari velg. Dalam sekali ganti dengan memilih model yang cocok, mobil pun akan terlihat lebih bergaya. Nilai klasik dan kemewahannya pun dapat ditonjolkan hanya dengan mengubah varian velg yang digunakan.