Berita

    Tips Melindungi Mobil Kusam Karena Diguyur Hujan

    Mobil Anda bisa berubah kusam jika diguyur oleh air hujan. Di tengah musim hujan ini, masalah mobil kusam diguyur hujan akan semakin banyak dialami oleh para pengguna mobil. Debu dan kotoran pada air hujan bisa dengan mudah menempel lalu membuat mobil Anda kusam. 

    Ada beberapa cara yang bisa dilakukan supaya mobil terhindar dari kusam akibat terpapar hujan. Jangan sampai Anda biarkan mobil begitu saja terpapar sinar matahari bahkan air hujan sampai kusam. Cobalah untuk melakukan beberapa hal berikut ini:

            1. Cuci Mobil secara Berkala

    Jangan pernah menganggap turunnya air hujan sebagai layanan cuci mobil secara gratis. Banyak orang berpikir untuk tidak mencuci mobil setelah kehujanan karena mobil sudah diguyur air dengan sendirinya. Ini salah besar karena cuci mobil bukan mengangkat kotoran tapi sebaliknya. 

    Air hujan bisa meninggalkan kerak debu dan kotoran di permukaan bodi mobil. Selain itu adanya bekas air atau watermark juga akan memicu kekusaman. Jadi, pastikan untuk tetap mencuci mobil secara berkala dengan sabun yang tepat dan air yang bersih. 

            2. Lakukan Pembilasan

    Jika tak ada cukup waktu untuk mencuci mobil maka cukup lakukan saja pembilasan. Poin penting yang harus diperhatikan setelah turun hujan adalah jangan biarkan sisa air di atas permukaan mobil kering dengan sendirinya. 

    Saat air mengering sendiri maka akan muncul bekas di bagian permukaannya. Bekas inilah yang nantinya akan menjadi kerak dan sulit dihilangkan. Akibatnya, visual mobil jadi terganggu dan tidak menarik lagi. 

    Sayangnya, masih banyak pengguna mobil yang malas melakukan hal ini. Justru mereka menganggap guyuran hujan sebagai air pembilas mobil. Padahal air hujan mengandung banyak debu dan kotoran yang tak bagus bagi mobil Anda. 

            3. Hindari Menutup Mobil saat Masih Basah

    Jika Anda ingin menggunakan cover mobil, maka jangan sembarangan menggunakannya. Masalah mobil kusam diguyur hujan bisa jadi lebih parah jika Anda sembarangan menutup bodi mobil saat masih basah. Kondisi ini akan memicu munculnya udara lembab dan akhirnya timbul jamur. 

    Setelah diguyur hujan dan selesai dibersihkan, Anda bisa menunggu beberapa saat sampai akhirnya mobil benar-benar kering. Setelah dipastikan semuanya kering sempurna, langsung saja tutup mobil menggunakan cover