Berita

    Ketahui Dampak Mobil Jarang Dipanaskan.

    Salah satu hal penting yang wajib Anda lakukan ketika memiliki mobil adalah kegiatan memanaskan kendaraan sebelum memakainya. Sebab, apabila mobil jarang dipanaskan maka bisa membawa dampak yang tidak baik pada mesin. Antara lain masalah pada aki.

    Sayang sekali bukan apabila komponen ini mengalami masalah hanya karena jarang memanaskan mesin? Supaya lebih paham, Anda bisa mempelajari mengenai pemanasan pada mobil berikut ini. 

    Ternyata, Ini Efek Mobil Jarang Dipanaskan

    Sebelum membahas tema ini, Anda harus satu persepsi dulu mengenai pemanasan mobil. Sebenarnya, apa sih pemanasan mobil ini? 

    Kegiatan memanaskan mobil adalah saat Anda menghidupkan mesin mobil selama beberapa saat sebelum Anda menjalankannya. Tujuannya supaya daya pada aki bisa naik atau meningkat. Sehingga bagian mesin ono bisa dilumasi oleh pelumas pada komponen tersebut. 

    Nah, ketika komponen ini sudah dilumasi dengan oli, maka kesempatan gesekan antar komponen yang terbuat dari logam juga menjadi lebih kecil. Sehingga komponen berbahan logam tersebut tidak mudah mengalami aus.

    Sedianya kegiatan ini bisa Anda lakukan setiap hari saat mobil akan digunakan. Namun, Anda wajib melakukan hal ini apabila mobil jarang dipakai. Minimal adalah 3 kali dalam sepekan untuk memanaskan mobil. Supaya komponen pada mobil bisa terjaga karena pelumasnya bekerja dengan baik meski Anda tidak menggunakannya.

    Akibat Mobil Jarang Dipanaskan

    Apa akibatnya jika jarang memanaskan mesin mobil? Ada beberapa akibat yang bisa Anda dapatkan apabila tidak memanaskan mobil sebelum digunakan, atau saat tidak digunakan dalam waktu yang sangat lama. Ini dia akibatnya:

            1. Aki Menjadi Soak

    Aki adalah komponen penting dalam kelistrikan mobil. Komponen yang satu ini memiliki fungsi untuk menyimpan energi yang dibutuhkan oleh mobil dalam bentuk kimia. Nah saat mobil tidak digunakan, maka aki tetap bisa menyalurkan listrik dalam jumlah kecil.

    Akibatnya adalah, voltase pada accu ini jadi berkurang. Sehingga ketika Anda akan menggunakannya, maka biasanya sulit untuk dinyalakan.

    Untuk menghindari hal ini, sebaiknya Anda perlu memanaskan mobil sesekali. Minimal 15 menit saja, supaya daya bisa terisi penuh. Pengecualian bagi Anda yang memiliki mobil injeksi, maka tidak perlu memanaskan mobil dengan jangka waktu yang lama.

            2. Tangki Bakar Mobil Karatan

    Masalah lain yang muncul adalah tangki untuk menampung bahan bakar jadi karatan. Sebab ada area yang biasanya terkena bahan bakar, jadi tidak terkena lagi. Sehingga muncullah ruang udara pada tangki ini.