Berita

    Ketahui Fungsi Lampu Rem Pada Mobil

    Tiap-tiap komponen yang ada pada mobil memiliki kegunaan masing-masing. Tidak terkecuali pada komponen terkecil sekalipun, pastinya komponen tersebut telah memiliki fungsi yang membuat mobil secara keseluruhan memberikan kenyamanan bagi para penggunanya.

    Sama halnya dengan komponen lampu rem yang akan menjadi topik utama dari artikel ini. Lampu rem memiliki fungsi yang berhubungan dengan keselamatan. Fungsi lampu rem pada mobil sangat penting, sehingga apabila lampu rem tidak menjalankan fungsinya dengan baik berkemungkinan untuk membahayakan tidak hanya bagi pengguna mobil tersebut namun juga pengendara lain yang berkendara di waktu yang bersamaan.

    Artikel ini akan mengupas tentang lampu rem beserta fungsinya. Tidak hanya itu saja, supaya lebih memahami komponen penting tersebut, artikel ini juga akan membahas tentang cara kerja dan bagian-bagian yang menyusun lampu rem.

    Fungsi Lampu Rem

    Lampu pada mobil tidak hanya berfungsi sebagai penerangan. Beberapa lampu pada mobil memiliki fungsi sebagai penanda yang memberikan sinyal kepada pengemudi lain. Tentunya masing-masing lampu tersebut memiliki fungsi untuk menandakan hal yang berbeda.

    Seperti misalnya lampu rem yang terletak di bagian belakang mobil. Pada lampu rem, sesuai dengan namanya, lampu ini berguna untuk memberi aba-aba atau pertanda kepada pengendara di belakang mobil yang Anda kendarai bahwa Anda akan melakukan proses pengereman.

    Dengan memberikan pertanda tersebut, maka sudah seharusnya pengendara di belakang mobil yang Anda kendarai juga ikut memelankan laju kendaraanya. 

    Keberadaan lampu rem ini sangat penting sebab apabila lampu rem tidak menyala ketika seharusnya menyala maka fungsinya untuk memberikan pertanda kepada pengendara lain bahwa kendaraan Anda akan mengerem tidak bisa tersampaikan. 

    Lampu rem yang tidak menyala bisa membahayakan sebab dapat mengakibatkan kecelakaan. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk selalu memeriksa kondisi semua komponen pada mobil terutama bagian lampu rem ini dengan rutin.

    Cara Kerja Lampu Rem

    Kapan lampu rem menyala dan menjalankan fungsinya? Secara singkat, lampu rem bisa langsung menyala segera setelah pedal rem pada mobil diinjak.

    Sederhananya, cara kerja rangkaian dari lampu rem yaitu sebagai berikut: Ketika pedal pada rem diinjak, maka saklar pada rangkaian lampu rem pun akan berubah posisi, yang tadinya dalam keadaan ditekan menjadi tidak.