Berita

    Ketahui Fungsi Pelampung pada Tangki Bensin

    Pelampung tangki bensin merupakan salah satu komponen yang berada di dalam tangki bensin kendaraan. Untuk bentuk dari pelampung bensin sendiri tak besar, namun jika kendaraan tidak memiliki komponen ini dapat menjadi masalah. Sebab alat ini merupakan bagian yang krusial. 

    Selanjutnya dalam artikel ini, akan dibahas fungsi yang ada pada pelampung tangki. Dengan begitu, Anda sebagai pemilik kendaraan lebih memahami fungsi penting bagian kendaraan Anda dan mencegah atau meminimalisir terjadinya kerusakan maupun malfungsi!

    Mengenali Fungsi Pelampung Tangki Bensin Kendaraan

    Letak dari komponen pelampung ini ada di dalam tangki bensin, baik pada mobil ataupun motor Anda. Untuk fungsinya sendiri cukup sederhana bagi kendaraan, tujuannya adalah memberikan informasi pada sistem dan pada pengemudi tentang jumlah bensin dalam kendaraan. 

    • Sebagai Alat yang Mengukur Sisa Bahan Bakar Minyak di Tangki

    Ini merupakan fungsi pertama dari pelampung bensin, yaitu sebagai alat ukur jumlah minyak atau bahan bakar yang berada pada tangki. 

    Kemudian akan diteruskan pada dashboard yang ada di kendaraan atau fuel meter. Dengan begitu, pengendara dapat mengetahui status bahan bakar minyak, perlukah untuk diisi ulang atau masih banyak. 

    • Penyalur Bahan Bakar ke Mesin

    Fungsi pelampung tangki bensin berikutnya ialah sebagai komponen yang bertugas menyalurkan atau mendistribusikan bahan bakar minyak ke mesin. Komponen ini akan bekerja sama dengan injeksi untuk mengatur aliran bahan bakar. 

    Adanya pelampung pada tangki bensin dapat menyalurkan bensin sesuai dengan kebutuhan mesin penggerak. Hal ini akan membantu agar mesin kendaraan bekerja optimal tanpa hambatan yang berarti.

    • Indikator Adanya Kebocoran

    Saat pelampung berada di posisi yang tak pas maka dapat menimbulkan kebocoran, sehingga jumlah penanda yang ada di dashboard atau fuel meter jadi tak akurat. 

    Hal ini disebabkan bahan bakarnya akan keluar dari tangki dan menimbulkan tingkat bahan bakar yang tak akurat. 

    Maka demikian, Anda perlu waspada akan kondisi seperti ini, agar tak menyia-nyiakan bahan bakar minyak untuk kendaraan Anda. Jika menghadapi hal seperti ini, segera membawa kendaraan Anda ke bengkel terdekat.

    Memahami Kinerja Pelampung pada Tangki Bensin

    Pelampung tangki bensin memiliki fungsi yang krusial bagi kendaraan Anda. Sebagaimana disebutkan di atas, bahwa komponen ini berfungsi sebagai yang mengukur sisa dan tingkat jumlah bahan bakar yang tersedia di tangki.