Berita

    Ketahui Penyebab Kemacetan Lalu Lintas

    Masyarakat Indonesia, khususnya yang tinggal di kota-kota besar, pasti sudah tak asing lagi dengan kemacetan lalu lintas. Kondisi penumpukan antrean kendaraan di jalan raya ini terasa cukup menyebalkan karena menghambat perjalanan kita. Sebenarnya apa saja yang menyebabkan situasi macet seperti ini?

    Penyebab Kemacetan Lalu Lintas

    Munculnya antrean kendaraan di jalan raya terjadi bukan tanpa alasan. Tentunya ada penyebab yang memicu kemacetan terjadi dan penyebab tersebut cukup bervariasi. Berikut adalah beberapa faktor penyebab kemacetan lalu lintas yang paling sering terjadi:

    • Kecelakaan

    Penyebab kemacetan yang paling sering ditemui adalah kecelakaan lalu lintas. Saat terjadi kecelakaan lalu lintas maka dibutuhkan waktu untuk membersihkan lokasi jalan dan menyelamatkan korban. Apalagi jika kecelakaan yang terjadi melibatkan kendaraan besar dan cukup parah. 

    Kecelakaan memang suatu peristiwa yang tidak terduga atau tidak bisa diprediksi sebelumnya. Jadi Anda hanya bisa pasrah saja ketika macet di tengah jalan dan penyebabnya adalah kecelakaan. Tunggu saja hingga situasi terkendali dan jalan raya bisa dilalui kembali. 

    • Perbaikan Jalan

    Berikutnya ada perbaikan jalan yang juga sering sekali memicu kemacetan lalu lintas. Namun untuk kondisi ini biasanya sudah ada tindak penanggulangan. Masyarakat umumnya akan diminta untuk beralih ke jalan lain agar tidak terjadi kemacetan. 

    Saat ada perbaikan jalan, biasanya akan ada pengalihan rute. Peringatan pengalihan rute ini biasa diberikan beberapa kilometer dari titik perbaikan. Ini akan sangat efektif membantu Anda terhindar dari kemacetan karena adanya perbaikan jalan.

    • Arus Lalu Lintas Padat

    Kemacetan jelas akan terjadi jika ada banyak kendaraan yang melaju di jalan yang sama dalam satu waktu. Tingginya arus lalu lintas ini biasanya terjadi pada waktu-waktu tertentu. Misalnya saja ketika momen mudik hari raya atau saat libur panjang. 

    Sebenarnya kondisi ini bisa dihindari jika Anda cermat memperhatikan waktu saat bepergian. Lebih disarankan untuk tidak bepergian dulu di saat-saat yang ramai, jika memang tak ada keperluan mendesak. Namun jika memang harus pergi maka usahakan untuk berangkat lebih awal.

    • Bencana Alam

    Penumpukan kendaraan di jalan raya juga bisa terjadi karena adanya bencana alam. Sama halnya seperti kecelakaan lalu lintas, bencana alam ini adalah suatu peristiwa yang tidak terduga. Jadi tidak ada tindakan pencegahan atau antisipasi yang bisa dilakukan.