Berita

    Ketahui Penyebab Mobil Mogok Mendadak & Cara Mengatasinya

    Pasti panik rasanya saat mobil mogok secara mendadak. Kondisi seperti ini memang sudah sering dialami oleh banyak orang dan masih saja menimbulkan kepanikan. Agar tidak panik, mari cari tahu apa saja penyebab mobil bisa mogok dan bagaimana cara mengatasinya. 

    Penyebab Mobil Mogok Tiba-Tiba

    Pada dasarnya ada banyak hal yang bisa memicu mobil tiba-tiba mogok. Apalagi mobil memiliki banyak komponen yang semuanya akan terlibat saat mobil berjalan. Berikut adalah beberapa penyebab yang paling umum terjadi:

    • Sumbatan pada Filter Bensin

    Penyebab pertama adalah adanya sumbatan pada filter bensin. Jadi saat mobil Anda mogok dan bahan bakarnya masih full, bisa saja masalah terjadi pada bagian filternya. Sumbatan pada filter bensin bisa menyebabkan aliran bensin jadi tersumbat. 

    Penyebab mobil mogok dengan filter bensin yang tersumbat biasanya terjadi di tengah proses pengisian bensin. Saat ada sumbatan, maka tangki gas bisa terkontaminasi dan gas yang dikeluarkan jadi berkurang. Itulah mengapa sumbatan ini biasanya ditandai juga dengan angin brebet saat mesin dinyalakan. 

    Solusinya, segera hilangkan sumbatan pada filter tersebut. Bawa mobil ke bengkel dan lakukan penanganan supaya filter bisa bekerja normal kembali. 

    • Aki Sudah Soak

    Mobil mogok juga bisa tiba-tiba terjadi karena masalah aki. Aki adalah komponen penting pada mobil yang akan menjadi kunci mesin menyala. Jika aki sudah soak maka mesin tidak bisa menyala dan mobil secara otomatis tidak bisa jalan. 

    Penting sekali untuk memeriksa kondisi aki secara rutin. Jika memang sudah saatnya di-charge maka lakukan di tempat yang tepat. Namun jika aki memang sudah soak dan saatnya diganti, segera lakukan penggantian. 

    • Terjadi Overheat

    Saat mobil digunakan berkendara, maka mesin akan menghasilkan suhu panas. Suhu ini bisa terus meningkat apalagi jika air radiatornya juga sudah menipis. Seiring dengan berjalannya waktu, suhu tersebut bisa begitu tinggi dan akhirnya mencapai situasi overheat

    Jika hal ini terjadi maka mesin bisa mogok secara tiba-tiba. Oleh sebab itu, pastikan untuk selalu cek air radiator sebelum berkendara. Jangan lupa lakukan pemeriksaan berkala untuk memastikan bahwa sistem pendingin mesin bekerja secara optimal. 

    • Kerusakan Karburator