Berita

    Mengenal Apa Itu Subwoofer Mobil

    Anda perlu memahami terlebih dahulu apa itu subwoofer mobil sebelum memasangnya. Sebab, fungsi dari perangkat ini tidak hanya untuk membuat audio pada mobil menjadi lebih jernih dan jelas. 

    Masih ada fungsi lain dari subwoofer yang tak kalah penting untuk dipelajari. Untuk lebih jelasnya, pahami subwoofer mobil lebih detail melalui pembahasan berikut!

    Memahami Apa Itu Subwoofer Mobil

    Subwoofer adalah salah satu komponen dalam sistem audio mobil yang mampu meningkatkan kualitas suara yang dihasilkan saat mendengarkan musik. 

    Sebab, alat ini mampu menghasilkan nada di bawah bass atau frekuensi (nada) yang lebih rendah jika dibandingkan dengan speaker biasa. Dengan menambahkan subwoofer pada mobil, musik akan terdengar lebih enak didengar ketika dinyalakan melalui head unit mobil. 

    Pada umumnya, perangkat audio mobil dengan frekuensi antara 10-200 Hertz ini dilengkapi dengan kotak pelindung khusus. Fungsi dari kotak itu sendiri adalah untuk meningkatkan kualitas suara musik yang terdengar halus tapi tetap jelas. 

    Itu sebabnya, disarankan untuk tidak melepas atau memisahkan subwoofer dari kotak pelindungnya saat akan dipasang pada mobil. Ukuran subwoofer di pasaran juga beragam, mulai ukuran 8 inci, 10 inci, hingga 12 inci. 

    Namun, jenis yang umum dipasang pada mobil adalah yang berukuran 12 inci. Khusus untuk subwoofer yang berukuran kecil, biasanya diletakkan di buritan mobil secara berpasangan. 

    Fungsi Subwoofer Mobil

    Sebagai salah satu komponen dalam instalasi audio mobil, subwoofer memiliki beberapa fungsi yang penting, antara lain: 

    • Suara Bass Terdengar Lebih Jernih dan Kuat

    Fungsi yang pertama adalah untuk menghasilkan suara dengan frekuensi rendah atau suara bass yang solid. 

    Nada bass pada subwoofer ini terdengar lebih rendah dibandingkan dengan nada bass yang keluar dari audio mobil tanpa menggunakan subwoofer

    Untuk perangkat audio uang non-subwoofer, frekuensi nada terendah yang bisa ditangkap maksimal hanya mencapai 50 Hertz. Sedangkan perangkat dengan subwoofer mampu menangkap frekuensi nada terendah hingga 10 Hertz. 

    Dengan kata lain, keberadaan subwoofer mampu memberikan kekuatan dan kedalaman suara bass menjadi lebih jernih dan jelas.   

    mengenal subwoofer

    Pixabay

    • Mengurangi Distorsi Audio

    Mengerti akan apa itu subwoofer mobil tidak akan lengkap tanpa mengerti tentang fungsi alat ini. Selain mampu menghasilkan suara bass yang kuat, perangkat ini juga mampu mengurangi distorsi audio.

    Merupakan suatu kondisi yang membuat suara yang dihasilkan tidak terdengar dengan jelas. Bahkan, terkadang audio yang terdistorsi akan membuat telinga menjadi sakit. 

    Semua itu akan bisa diminimalisir apabila sistem audio mobil menggunakan subwoofer

    Sebab, perangkat ini memang dirancang secara khusus yang bertujuan untuk menghasilkan suara dengan frekuensi rendah atau dikenal juga dengan istilah bass solid. 

    • Mengoptimalkan Spektrum Frekuensi 

    Fungsi subwoofer berikutnya adalah untuk mengoptimalkan spektrum frekuensi dari perangkat speaker hingga penuh. 

    Dengan begitu, amplifier akan menghasilkan frekuensi yang jauh lebih rendah sehingga akan menghasilkan nada bass yang terdengar lebih halus.  

    • Mengimbangi Speaker Utama

    Subwoofer juga berfungsi untuk mengimbangi speaker utama guna memastikan kesimbangan suara yang dihasilkan akan terdengar baik meskipun diaplikasikan pada berbagai jenis musik. 

    Dengan kata lain, kehadiran subwoofer mampu mengatasi kelemahan speaker utama ketika merespon nada bass yang rendah. Dengan begitu, kualitas audio mobil secara keseluruhan akan meningkat. 

    • Meningkatkan Pengalaman Hiburan

    Fungsi yang terakhir dari subwoofer adalah mampu menghadirkan getaran bass yang dalam saat menyalakan audio. 

    Baik saat mendengarkan musik maupun saat menonton film di dalam mobil, pengalaman hiburan selama berkendara akan kian meningkat dengan adanya subwoofer

    Masih penasaran dengan apa itu subwoofer mobil atau berencana untuk menambahkan perangkat ini pada kendaraan kesayangan Anda. Pastikan untuk berkonsultasi pada bengkel yang ahli dalam audio mobil seperti bengkel resmi Suzuki.