Berita

    Pengertian Body Roll dan Penyebab Mobil Mengalaminya

    Mungkin Anda pernah mengalami mobil tergelincir dan akhirnya keluar dari jalur. Kalau tidak langsung dibelokkan ke jalur yang benar, kondisi ini bisa membahayakan bagi penumpang dan pengendara lain dari arah berlawanan. Nah, kondisi ini biasa disebut sebagai body roll

    Apa sih body-roll itu? Kenapa itu bisa terjadi? Jika Anda ingin tahu lebih lanjut tentang jawaban atas pertanyaan tersebut, lebih baik jangan lewatkan pembahasan informatif dalam artikel satu ini!

    Pengertian Body Roll Mobil

    Lean atau sering disebut body-roll biasanya terjadi ketika Anda hendak berbelok ke suatu suatu tetapi berlebihan, sehingga bobotnya terlempar ke area luar tikungan. Akibatnya, mobil harus terguling. 

    Kondisi ini jadi salah satu penyebab kecelakaan yang paling banyak di Indonesia bila tidak hati-hati dalam handling-nya. 

    Penyebab Mobil Mengalami Body-roll

    Untuk menghindari terjadinya body-roll sewaktu di jalanan yang menikung tajam, Anda perlu tahu dulu apa yang menjadi penyebabnya. Di antaranya: 

    • Badan Mobil Berukuran Terlalu Tinggi

    Ada beberapa tipe mobil yang didesain dengan body tinggi, seperti MPV atau SUV. Kendaraan tipe ini akan memperoleh gaya dorong yang jauh lebih besar saat berbelok di tikungan tajam. 

    Maka, kemungkinan untuk limbung hingga terbalik akan lebih besar bila tidak ada pengendalian handling yang baik dari supir. 

    • Ground Clearance Mobil Tinggi

    Body roll juga bisa disebabkan karena ground clearance pada mobil begitu tinggi. Ini menyebabkan gaya dorongnya meningkat sewaktu melintasi jalanan yang menikung tajam. Supir akan berat untuk mengendalikan handling dan mobil bisa terbalik. 

    • Suspensi Mobil Begitu Ringan

    Suspensi yang ringan juga bisa mempengaruhi limbung atau tergulingnya kendaraan roda empat ketika melewati jalanan yang menikung. Suspensi yang terlalu empuk akan menaikkan gaya sentrifugal ketika melalui tikungan dengan kecepatan tinggi. 

    Akibatnya, kestabilan mobil akan hilang dan badan mobil mulai limbung yang berakhir keluar jalur. 

    • Mengemudi Berkecepatan Tinggi

    Body-roll akan terjadi ketika Anda melewati tikungan dengan kecepatan tinggi. Sebab, tidak ada waktu untuk melakukan pengereman secara mendadak.