Berita

    Tips Aman Mengganti Karet Pintu Mobil dan Biayanya

    Salah satu masalah yang umum dialami pengguna mobil yaitu kesulitan ketika akan menutup pintunya, atau mungkin pintu tidak bisa tertutup dengan rapat. Biasanya, masalah ini disebabkan oleh kerusakan pada komponen karet pintu mobil.

    Lalu, bagaimana cara aman untuk mengganti komponen yang satu ini? Lalu, jika ingin membawanya ke bengkel untuk menggantinya, berapa banyak kisaran biaya yang perlu dikeluarkan?

    Temukan penjelasan selengkapnya tentang karet pintu pada mobil melalui artikel berikut ini dan pastikan komponen mobil tetap terjaga!

    Tips Aman Mengganti Karet Pintu Mobil

    Penggantian karet pintu memang bisa dilakukan sendiri di rumah. Ada langkah-langkah yang bisa Anda ikuti jika akan mengganti komponen yang satu ini, yaitu sebagai berikut:

    • Pastikan mobil berada dalam posisi yang stabil, lalu bukalah pintu mobil Anda dengan hati-hati.

    • Perhatikan lapisan penutup karet pintu yang posisinya berada di dekat bagian jok mobil, lalu buka lapisan tersebut.

    • Cabut karet pintu yang akan diganti, lakukan dengan cara melingkar pada sepanjang pintu mobil.

    • Setelah karet pintu yang lama tercabut dengan baik, Anda bisa mulai memasang karet yang baru. Pasanglah dengan posisi karet balonnya menghadap ke bagian luar dari pintu mobil.

    • Cara untuk memasangnya, Anda cukup menempelkan karet tersebut, lalu pukul-pukul perlahan supaya dapat menempel dengan lebih sempurna.

    • Ketika sedang melakukan pemasangan, perlu diperhatikan tentang berbagai titik kaitan yang ada di bagian pintu mobil. Pastikan bahwa karet pintu tidak memasuki titik tersebut, supaya nantinya tidak longgar ataupun bergeser posisi.

    • Pastikan juga karet yang telah ditempel tersebut rapi dan tidak ada lipatan yang mengganggu.

    • Potong sisa karet yang sudah tidak terpakai, lakukan dengan hati-hati dan pastikan tidak menutup lubang pada lapisan.

    • Langkah terakhir, Anda dapat menutup kembali lapisan penutup karet pada mobil. Pastikan semua bagian karet telah rapi dan tertutup dengan baik.

    Biaya Mengganti Karet Pintu Mobil

    Sebelumnya, Anda telah membaca penjelasan tentang cara mengganti karet pintu. Namun, sebenarnya penggantian karet ini akan lebih aman jika dilakukan oleh profesional atau orang yang sudah ahli dalam bidangnya.

    Maka dari itu, Anda bisa membawa mobil ke bengkel resmi terdekat, lalu melakukan penggantian karet. Berikut adalah kisaran harga penggantian karet pintu pada mobil, berdasarkan tahun keluaran dari mobil tersebut:

    • Mobil Keluaran setelah Tahun 2000

    Pertama, untuk mobil keluaran setelah tahun 2000, harga pemasangannya cenderung lebih murah dibanding mobil keluaran tahun-tahun sebelumnya.

    Untuk mobil Jepang, biasanya biayanya sekitar 250 ribu hingga 300-an ribu rupiah. Selanjutnya, untuk mobil keluaran Eropa, maka biayanya sekitar 800 ribu hingga satu juta rupiah.

    • Mobil Keluaran Tahun 1990-an

    Untuk mobil yang dikeluarkan tahun 1990-an, biayanya cenderung akan lebih mahal. Biasanya, ada dalam kisaran 1 juta hingga 2 juta rupiah.

    Biaya yang lebih mahal ini disebabkan karena komponen karet pintu yang tersedia juga sudah semakin sulit untuk dicari di pasaran.

    • Mobil Klasik

    Selanjutnya, ada jenis mobil klasik yang biaya penggantiannya akan lebih mahal lagi. Jika jenis mobil sebelumnya sudah jarang ditemui di pasaran komponen karet pintunya, maka jenis mobil klasik akan lebih jarang lagi.

    Biaya penggantian komponen karet pintu pada mobil klasik ada dalam kisaran 2 juta sampai 3 juta rupiah. Namun, untuk beberapa jenis, ada pula yang masih sekitar 1,5 juta-an.

    Itulah penjelasan tentang langkah-langkah yang perlu dilakukan jika akan mengganti karet pintu pada mobil. Namun, jika ingin hasil maksimal dan jaminan bahwa karet tersebut terpasang dengan aman, maka ada baiknya membawa mobil Anda ke bengkel.