Berita

    Featured Image

    Tips Memperpanjang Umur Tangki Bensin

    Bagian terpenting pada suatu kendaraan namun jarang orang memerhatikannya adalah tangki bensin. Komponen satu ini sering diabaikan kebersihannya sehingga banyak kendaraan yang mengalami kebocoran tangki.

    Kebocoran tangki BBM dapat merugikan pemilik kendaraan karena distribusi bahan bakar ke mesin kendaraan menjadi tak optimal. Lalu, bagaimana cara merawat tangki kendaraan agar awet dan tahan lama? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

    6 Tips Mudah Menjaga Tangki Bensin Agar Awet

    Keberadaannya yang tertutup body kendaraan terkadang membuat kondisi tangki bahan bakar terabaikan. Padahal, merawat tangki bahan bakar sangat penting karena bisa mencegah kebocoran bahan bakar. Berikut ini beberapa tips merawat tangki bahan bakar yang bisa Anda ikuti:

    • Rutin Bersihkan Bagian Tangki

    Tips mudah pertama yang bisa Anda lakukan untuk merawat tangki bahan bakar adalah rutin membersihkannya. Banyak orang berpikir bahwa tangki bahan bakar adalah komponen di dalam kendaraan sehingga terhindar dari kotoran.

    Justru hal tersebut salah besar! Kotoran & residu bahan bakar jika dibiarkan lama akan menumpuk. Hal ini yang akan membuat tangki mudah rusak. Cara membersihkannya, Anda bisa gunakan pembersih khusus agar tidak merusak lapisan dalam.

    • Jangan Mengisi Bensin Sampai Penuh

    Tahukah Anda jika mengisi bensin hingga penuh justru akan memberikan tekanan berlebih pada tangki. Maka dari itu, jika tidak ingin tangki bahan bakar awet dan berusia panjang, jangan mengisi bahan bakar sampai penuh.

    Idealnya, mengisi bahan bakar kendaraan cukup mencapai persentase 90% dari kapasitas tangki. Tujuannya agar mencegah kebocoran dan memberikan ruang saat bensin panas di dalam kendaraan.

    • Gunakan Bahan Bakar Berkualitas

    Tips lain agar tangki bensin kendaraan Anda awet adalah memilih bahan bakar berkualitas yang sesuai dengan tipe kendaraan Anda. Penggunaan BBM yang berkualitas dapat mencegah penumpukan residu dan kerak pada tangki.

    Hindari mengisi kendaraan dengan BBM yang mengandung banyak kotoran dan material aditif berbahaya. Jangan hanya karena harga BBM murah, lalu Anda memilihnya, padahal BBM tersebut dapat merusak tangki.

    • Periksa Kondisi Tutup Tangki

    Selalu memeriksa kondisi tutup tangki saat setelah mengisi BBM, karena penutup tangki yang tak rapat bisa menyebabkan kebocoran. Periksa bagian karet seal apakah dalam kondisi baik atau tidak.

    Disarankan juga untuk rutin mengganti karet seal pada tutup tangki agar mencegah kebocoran. Jangan abaikan komponen tutup tangki ini! Komponen tutup tangki sama pentingnya seperti tangki bahan bakar pada kendaraan Anda.

    • Cek dan Ganti Filter Bensin

    Tips merawat tangki bensin berikutnya adalah rutin ganti filter bensin. Komponen tersebut berfungsi untuk menyaring kotoran yang berasal dari bahan bakar. Filter bensin jika digunakan terus-menerus tanpa dibersihkan akan membuat kotoran menumpuk.

    Maka dari itu, setidaknya Anda bersihkan filter bensin 1-2 bulan sekali. Sebaiknya jangan tunggu kotoran menumpuk terlalu lama, karena hal tersebut dapat mengganggu kualitas bahan bakar yang masuk ke dalam kendaraan Anda.

    • Rutin Servis Kendaraan

    Tips terakhir adalah rutin untuk servis kendaraan di bengkel resmi dan terpercaya. Servis berkala tidak hanya menjaga komponen kendaraan tetap dalam keadaan optimal, tapi juga bisa menjaga keawetan kendaraan Anda.

    Jika Anda rutin lakukan servis, maka mekanik akan mendeteksi berbagai masalah di kendaraan Anda sejak dini. Sehingga Anda tidak perlu menunggu komponen kendaraan mengalami kerusakan yang parah.

    Kesimpulannya, tangki bensin kendaraan wajib dicek kebersihannya secara rutin. Karena jika Anda mengabaikan hal ini maka peluang kebocoran pada tangki akan lebih besar. Selain itu, kotoran dari bahan bakar akan menumpuk dan memengaruhi kinerja bensin ke mesin kendaraan.