Berita

    6 Cara Menghemat BBM yang Benar untuk Dilakukan

    Beberapa waktu belakangan ini, berita mengenai kenaikan bahan bakar menjadi hal yang sering kita dengar. Agar pengeluaran menjadi lebih hemat, salah satu solusi yang dapat dilakukan tentu dengan menghemat bahan bakar. 

    Konsumsi bahan bakar harus lebih efisien, sehingga pengeluaran tidak semakin membengkak. Namun, bagaimana cara agar konsumsi BBM menjadi lebih efisien? 

    Sebenarnya, sekarang ini kebanyakan kendaraan sudah dirancang mempunyai mesin yang menggunakan teknologi sehingga konsumsi bahan bakar menjadi efisien. Sehingga BBM dapat digunakan dengan maksimal. 

    Cara Menghemat Bahan Bakar

    Namun, meskipun mesin kendaraan sudah dirancang mempunyai mesin dengan teknologi efisiensi bahan bakar, bukan berarti kita bisa melakukan pemborosan. Berikut sejumlah cara yang bisa Anda lakukan agar konsumsi bahan bakar menjadi semakin irit, antara lain:

            1. Melihat Tekanan Ban Mobil

    Salah satu hal yang membuat mobil bekerja lebih keras dibandingkan dengan yang sebelumnya adalah tekanan ban. Bila bekerja harus lebih keras, konsumsi bahan bakar juga akan menjadi semakin besar. 

    Oleh sebab itu, Anda harus memastikan bila tekanan angin di semua ban sudah tepat, sehingga konsumsi bahan bakar menjadi jauh lebih efisien. 

            2. Kendarai dengan Gaya Eco Driving

    Apakah Anda merupakan salah satu pengendara yang sering mengendarai mobil dengan gaya yang agresif? Padahal, gaya agresif ini dapat membuat bahan bakar menjadi boros. 

    Terlepas dari alasan apapun, lebih baik jika Anda mengendarai mobil dengan baik. Mengendarai kendaraan dengan baik dapat menghemat bahan bakar jauh lebih banyak. Bukan hanya itu, Anda juga dapat menyelamatkan diri sendiri serta orang lain dari kecelakaan. 

            3. Matikan Mobil Saat Berhenti

    Ketika Anda berhenti dalam waktu yang cukup lama, lebih baik segera matikan mesin mobil. Sayangnya, masyarakat Indonesia enggan mematikan mesin mobil karena ingin tetap menikmati suhu dingin AC. 

    Padahal, hal ini membuat BBM terbuang. Anda dapat membandingkan, konsumsi bahan bakar ketika menyalakan mobil dalam kondisi berhenti lama dan mematikan mesin mobil. 

            4. Gunakan AC dengan Wajar

    Ketika cuaca sedang panas, siapa yang tidak tergoda menggunakan AC? Dengan menggunakan AC, kabin akan menjadi jauh lebih dingin. Sebenarnya, ini menjadi hal yang wajar dilakukan ketika cuaca sedang panas.