Berita

    Tips Mengatasi Bunyi Berdecit pada Pintu Mobil

    Pintu mobil berdecit menjadi salah satu masalah yang umum dialami oleh pengguna mobil. Masalah ini mungkin terdengar sederhana namun bisa jadi cukup mengganggu kenyamanan pengendara maupun penumpang. 

    Munculnya suara berdecit pada pintu mobil sebenarnya bisa dipicu oleh berbagai faktor penyebab. Anda perlu mencari tahu apa saja penyebabnya agar bisa mengatasi masalah ini dengan mudah. 

    Penyebab Pintu Mobil Berdecit

    Saat berfungsi secara normal, pintu mobil tidak akan mengeluarkan suara berdecit. Jika ada suara berdecit berarti terjadi sesuatu pada bagian pintu tersebut. Berikut adalah beberapa penyebab munculnya suara berdecit tersebut:

    • Tidak Cukup Pelumas

    Engsel pada pintu mobil membutuhkan pelumas yang memadai agar bisa bekerja tanpa muncul gesekan berlebih. Jika pelumas tidak memadai maka akan terjadi gesekan berlebihan yang disertai munculnya suara berdecit. 

    • Tumpukan Kotoran dan Debu

    Faktor lain yang bisa memicu pintu mobil berdecit adalah tumpukan kotoran dan debu di sekitar engsel pintu. Kotoran dan debu ini bisa menumpuk dan pada akhirnya akan menghambat gerakan pintu saat membuka maupun menutup. 

    • Ada Regangan pada Struktur Pintu

    Pintu mobil Anda juga bisa meregang dan regangan tersebut akan memicu munculnya suara berdecit. Proses meregang ini bisa terjadi karena pemakaian berulang, terutama ketika mobil sudah dipakai cukup lama. 

    renggangan pada pintu mobilPexels.com

    Selain itu peregangan pada struktur pintu juga bisa terjadi karena faktor perubahan suhu dan kondisi lingkungan. Jika sudah meregang maka akan muncul celah yang berpotensi memicu suara. 

    • Baut yang Longgar

    Getaran pada saat mesin mobil menyala ternyata juga bisa memicu baut pada bagian pintu jadi longgar. Jika sudah longgar maka akan lebih mudah muncul suara berdecit karena posisi pintu jadi tidak stabil. 

    • Karet Pintu Sudah Aus

    Pintu mobil Anda memiliki karet yang akan menjaga kekedapan udara dan meredam suara. Saat karet pintu tersebut sudah aus dan menipis maka akan lebih mudah muncul suara berdecit apalagi saat pintu membuka atau menutup. 

    Cara Mengatasi

    Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah pintu mobil berdecit tersebut. Berikut ini tips-tips yang bisa Anda terapkan agar suara berdecit pada pintu segera hilang. 

    • Bersihkan dan Beri Pelumas

    Masalah utama yang bisa memicu suara berdecit pada pintu mobil adalah tumpukan kotoran dan kurangnya pelumas. Itulah mengapa Anda sebaiknya membersihkan bagian engsel secara rutin agar tidak ada kotoran menumpuk. 

    Selain membersihkan bagian engsel pintu, Anda juga perlu memberi pelumas. Tujuannya agar tidak terjadi gesekan berlebih yang akan memicu suara berdecit pada pintu mobil. 

    • Ganti Karet Pintu

    Apabila masalah disebabkan oleh karet pintu yang sudah aus, maka Anda sebaiknya segera mengganti karet tersebut. Karet pintu ini memang akan aus seiring berjalannya waktu dan perlu diganti yang baru. 

    Selain bisa menghilangkan masalah pintu berdecit, penggantian karet ini juga akan memberi kenyamanan ekstra di dalam kabin. Pintu jadi tetap kedap dan suara di dalam kabin tidak terlalu bising. 

    • Kencangkan Baut

    Jika suara berdecit muncul karena baut pada pintu longgar, maka segera kencangkan. Cari bagian baut mana yang longgar lalu kencangkan agar posisinya kembali seperti semula sehingga tidak ada lagi suara berdecit.