Berita

    Agar Mesin Tidak Rusak, Cara Membersihkan Kerak Oli pada Mesin Mobil

    Dari sisi kebersihan, bagian luar mesin mobil mungkin komponen yang jarang diperhatikan . Padahal penting untuk mengetahui apakah ada sisi kerak oli di sana. Ya, oli yang kalian gunakan sebenarnya bisa meninggalkan sisa kerak membandel yang tidak boleh dibiarkan terlalu lama.

    Oleh karena itu, kalian perlu tahu cara membersihkan kerak oli pada mesin mobil. Komponen bahan bakar dalam mobil akan sulit berfungsi dengan baik, jika Anda tidak memperhatikan kebersihan dan perawatan mesin mobil dengan benar.

    Bagaimana jika kerak oli di mesin mobil dibiarkan saja? Tidak hanya mengotori mesin, tetapi juga bisa merusaknya. Fungsi mesin pun jadi berkurang. Bagaimana cara membersihkannya? Berikut adalah tipsnya:

            1. Siapkan Seluruh Peralatan

    Langkah pertama dalam cara membersihkan mesin mobil dari kerak oli adalah menyiapkan seluruh peralatan. Ada beberapa peralatan yang harus disiapkan. Dimulai dari spons, sikat gigi, hingga kain microfiber.

    Ketiga alat tersebut akan membantu dalam membersihkan kerak oli, khususnya pada bagian-bagian kecil yang susah dijangkau. Namun jangan lupa untuk memastikan kebersihan dari seluruh alat. Jika memang sudah kotor, alih-alih membersihkan kerak oli, malah mesin kendaraan akan mendapatkan kotoran lebih banyak.

            2. Gunakan Pembersih Khusus

    Tidak hanya membutuhkan spons, sikat gigi, dan kain microfiber. Kalian  juga membutuhkan pembersih khusus yang bernama engine conditioner. Kegunaan dari pembersih adalah menghasilkan busa ketika sudah disemprotkan ke ruang bakar. 

    Dengan adanya busa yang dihasilkan engine conditioner, proses pembersihan kerak oli menjadi lebih mudah lagi.

            3. Gunakan Engine Flush

    Tidak cukup dengan engine conditioner saja, kalian juga sebaiknya menggunakan engine flush. Sebenarnya apa engine flush? Pembersih ini memiliki bentuk seperti deterjen. Fungsinya untuk membersihkan kotoran dan menghilangkan kerak di jalur oli.

    Jadi engine flush memang digunakan khusus untuk membersihkan jalur oli di mobil kalian. Oleh karena itu cara pemakaiannya adalah dengan memasukkannya ke dalam bagian mesin sebelum mengganti oli atau masih terdapat yang lama. Kemudian kalian bisa mulai menghidupkan mesin kurang lebih 15 menit dengan menginjak gas dengan posisi stasioner di angka 2.000 RPM. Lalu buang oli selagi mesin panas.