Berita

    Penting! Penyebab Mesin Mobil Bergetar saat AC Dinyalakan

    Anda pasti pernah merasakan mesin mobil bergetar saat AC dinyalakan. Hal ini sebenarnya merupakan suatu hal yang wajar. Namun hal tersebut bisa jadi sebuah indikasi kerusakan apabila terjadi secara tidak wajar.

    Getaran pada mesin saat AC menyala adalah hal normal jika tidak terjadi terus-menerus. Anda bisa menduga ada kerusakan atau gangguan pada mobil apabila mesin bergetar terlalu kuat dan terjadi secara berkelanjutan.

    Penyebab Mesin Mobil Bergetar saat AC Dinyalakan

    Sebaiknya Anda pahami dulu apa saja penyebab mesin mobil mengalami getaran ketika AC dinyalakan. Berikut ini beberapa hal yang kemungkinan bisa menjadi penyebabnya:

    • Masalah pada Kompresor AC

    Penyebab pertama adalah adanya masalah pada kompresor AC. Anda perlu tahu bahwa kompresor merupakan salah satu komponen utama yang ada dalam sebuah sistem AC. 

    Fungsi dari komponen ini adalah untuk melakukan kompresi serta mengedarkan refrigeran. Fungsi AC untuk mendinginkan kabin mobil akan berjalan optimal jika kompresor dalam kondisi normal. 

    Saat terjadi masalah pada bagian ini maka akan terjadi getaran di bagian mesin mobil. Getaran tersebut akan terasa jauh lebih kuat jika AC sedang dinyalakan. 

    • Radiator Fan Tidak Berfungsi Optimal

    Penyebab berikutnya adalah gangguan fungsi pada radiator fan. Radiator fan itu sendiri berfungsi sebagai pendingin mesin serta komponen dalam sistem AC mobil.

    Saat radiator fan tidak bekerja dengan baik, maka akan muncul getaran di bagian mesin mobil. Sama halnya seperti kondisi sebelumnya, getaran tersebut akan terasa jauh lebih kuat jika AC dinyalakan. 

    Pexels
    • Kerusakan Belt AC

    Apabila mesin mobil bergetar saat AC dinyalakan, maka Anda bisa mencurigai adanya kerusakan pada belt AC. 

    Komponen ini juga tidak kalah penting karena merupakan penghubung kompresor dengan berbagai komponen lainnya. 

    Seiring berjalannya waktu, belt AC bisa mengalami kerusakan seperti aus atau kendur. Kondisi semacam inilah yang pada akhirnya akan memicu getaran pada mesin apalagi saat Anda menyalakan AC. 

    • Kerusakan pada Mounting Mesin