Berita

    Cara Mengatasi Gigi Transmisi Loncat, Kuncinya di Komponen Ini!

    Ada saja masalah pada mobil yang sering bikin pengemudi geram. Salah satunya yakni gigi transmisi yang loncat atau pindah sendiri. Bagaimana ya cara mengatasi gigi transmisi loncat?

    Artikel ini akan membahas sampai tuntas penyebab dan cara mengatasi masalah tersebut. Jadi, pastikan Anda menyimaknya sampai akhir ya.

    Perpindahan transmisi yang tiba-tiba ini sering membahayakan pengendara. Terlebih jika laju kecepatan mobil sedang kencang.

    Nah, ada beberapa faktor yang menyebabkan gigi transmisi tiba-tiba berpindah. Yaitu:

            1. Sinkromes rusak

    Faktor pertama yakni adanya kerusakan pada sinkromes. Komponen ini merupakan transmisi yang memiliki fungsi untuk menyamakan putaran antar gigi. Sehingga proses perpindahan gigi berjalan lancar atau mulus. 

    Nah, apabila sinkromes mengalami kerusakan atau aus, maka fungsi yang dilakukan tidak optimal. Sehingga gigi transmisi bisa loncat ke netral.

    Jika hal ini sudah terjadi, Anda harus segera melakukan pemeriksaan pada komponen tersebut. Apabila tidak terlalu parah kerusakannya, maka bisa diperbaiki. Namun jika sudah rusak parah, harus segera diganti.

            2. Pijakan kopling kurang dalam

    Penyebab berikutnya yakni pijakan kopling yang dangkal atau kurang dalam. Penyetelan pada kopling ini kurang optimal.

    Jika penyebabnya hal ini, maka Anda cukup melakukan penyetelan ulang terkait pedal kopling. Setel kedalamannya sampai pas.

            3. Lemahnya clutch cover coupling

    Clutch cover atau penutup kopling ini terletak pada kopling. Komponen yang satu ini mengcover atau melapisi kampas kopling.

    Fungsinya yakni mengubah energi putar menjadi energi tekan. Nah apabila sudah lemah, maka fungsinya jelas sudah tidak maksimal. Sehingga menyebabkan transmisi loncat.

            4. Blocking ring aus

    Blocking ring memiliki fungsi untuk menghubungkan sleeve saat sinkromes sedang bekerja. Apabila sudah lama digunakan, blocking ring bisa saja aus. 

    Untuk itu, Anda perlu melakukan pengecekan. Sebab terkadang komponen yang aus karena memang sudah lama digunakan. 

    Cara Mengatasi Gigi Transmisi Loncat

    Setelah mengetahui penyebabnya, ada beberapa cara mengatasi gigi transmisi loncat. Di antaranya:

            1. Mengganti komponen yang rusak