Berita

    Cara Merawat Mobil di Rumah agar Tetap Nyaman Digunakan

    Mobil tetap nyaman dan awet sampai waktu lama adalah dambaan semua pemilik mobil. Tapi, untuk mendapatkan hal tersebut, mobil perlu dirawat dengan baik. Maka dari itu, ada tips merawat mobil sederhana yang bisa dilakukan di rumah.

    Jangan sepelekan langkah perawatan sederhana demi dapat mencegah mobil dari kerusakan yang mungkin bisa menjadi lebih parah jika dibiarkan saja!

    Beberapa Tips Merawat Mobil di Rumah yang Bisa Kamu Lakukan

    Tak peduli mobil baru atau lama, langkah perawatan selalu esensial. Jika dilakukan secara tepat dan teratur, Anda bisa merasakan manfaat besarnya, terutama dari segi keselamatan dan efisiensi biaya perawatan. Nah, berikut ini tips perawatannya!

    • Jaga Mobil Tetap Bersih

    Merawat mobil dengan cara sederhana dan ekonomis dapat dimulai dengan cara mencuci mobil. Cara ini, selain bisa meningkatkan tampilan estetis mobil, dan melindungi lapisan luar. 

    Cuci mobil 2-4 kali dalam satu minggu, atau bisa juga disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi mobil. kondisi cuaca, intensitas penggunaan, banyaknya debu dan kotoran pada mobil menjadi faktor yang harus dipertimbangkan saat Anda mencucinya.

    • Rutin Panaskan Mesin Mobil

    Disarankan untuk secara rutin menghidupkan mesin mobil paling tidak 10 menit setiap hari demi menjaga mekanis mobil tetap sehat.

    Tips merawat mobil ini tujuannya untuk memastikan oli mengalir dengan optimal, mampu melumasi komponen mesin dengan baik, dan performa aki serta tegangan listriknya tetap stabil.

    • Periksa Oli Mesin

    Secara berkala, periksa level oli mesin mobil meskipun indikator dasbor menunjukkan kondisi yang baik. Oli mesin mempunyai peran yang krusial dalam menjaga fungsi kendaraan.

    Jika terjadi masalah pada oli, akibatnya mobil bisa mengalami kerusakan yang serius. Selain itu, biaya perbaikannya terbilang tinggi. Adapun langkah sederhana memeriksa oli mobil adalah:

    1. Parkir mobil di lahan yang punya permukaan datar;

    2. Bersihkan tongkat celup saat mesin dingin;

    3. Masukan dan lihat ketinggian oli dari garis minimum dan maksimum tongkat celup.

    • Periksa Tekanan Ban

    Ban mobil berkontribusi pada penggunaan bahan bakar sampai 20%. Sedikit saja tekanannya berkurang, penggunaan bahan bakar jadi meningkat. Selain itu, tekanan ban yang tidak optimal membahayakan pengemudi saat berkendara.

    Lakukan pemeriksaan ini secara manual. Pastikan kedalaman ban berada di batas minimal 1,5 mm. Dan jangan lupa ganti ban setelah maksimal 6 tahun.  

    • Periksa Lampu Mobil

    Tips merawat mobil selanjutnya yaitu memastikan setiap lampu beroperasi dengan baik. Selain memenuhi persyaratan hukum, lampu mobil juga berkontribusi pada keamanan. Periksa manual, baik itu baik lampu indikator, lampu kabut, dan lain-lain.

    • Periksa Kondisi Aki Mobil

    Periksa dan bersihkan aki mobil agar berfungsi dengan benar. Pembersihan aki, paling tidak setahun sekali efektif memperpanjang umur pemakaian dan dapat menjaga performa mobil tetap optimal.

    akifreepik.com

    Cek kondisi asam aki, korosi, dan kotoran yang bisa mengganggu kinerja mobil. Sebelum dibersihkan, pastikan kabel negatif dan positif dilepas. Gunakan sikat kawat dan cairan pembersih untuk menghilangkan korosi.

    • Ganti Wiper Kaca Depan

    Mengganti wiper kaca depan berpengaruh pada visibilitas saat berkendara. Maka dari itu, rawat dengan baik dan ganti secara berkala. Rentang waktu pergantiannya adalah sekitar 6-12 bulan atau sesuai dengan kondisi wiper.

    Pastikan cairan wiper selalu terisi. Campurkan air dan cairan khusus dengan rasio yang seimbang, tapi jangan menggunakan detergen karena bisa merusak wiper dan eksterior mobil. Cek reservoir yang ada di bawah kap mesin.